Scroll to Top

Bersiaplah Gemuk Kalau Sering Kurang Tidur

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 15 Mar 2012

Kurang-Tidur

Kurang tidur itu efek bagi kesehatan bisa merembet ke mana-mana. Mulai dari perasaan lesu, kurang semangat, hingga konsentrasi menurun. Menurut penelitian dari Mayo Clinic di Minnesota, Amerika Serikat, kurang tidur memberikan pengaruh pada meningkatnya nafsu makan yang bisa berarkhir dengan kenaikan berat badan.

“Banyak orang punya ide jika mereka bekerja keras sampai larut malam, mereka membakar lebih banyak energi. Tapi kami tidak menemukan perubahan berapa banyak energi berpindah ketika kurang tidur,” kata Dr Andrew Calvin, penulis utama studi dan asisten profesor kedokteran di Mayo Clinic, seperti dikutip ABC News.

Peneliti coba mengamati perilaku para relawan selama seminggu tinggal di rumah. Mereka berusia 18-40 tahun dan diamati kebiasaan tidur dan makannya. Kemudian, selama 8 hari, mereka ditempatkan ke klinik. Sebagian diberikan waktu tidur dengan penuh, dan sebagian lagi hanya tidur dua per tiga dari jam tidur normal.

Untuk urusan makan, mereka pun boleh melahap sepuasnya menu yang ada di kantin selama penelitian. Namun, peneliti tetap mengamati asupan kalori dari tiap relawan.

Hasilnya, relawan yang kurang tidur punya kalori rata-rata 549. Nilai ini cukup tinggi dibanding relawan yang cukup tidur.  Indikasi kegemukan juga terlihat pada mereka yang kurang tidur. Peneliti mengatakan, ada hubungan antara kurang tidur dengan kegemukan yang mungkin akan memicu penyakit diabetes tipe 2.

“Studi ini menunjukkan bahwa dua hal itu memang mungkin berhubungan. Dan jika temuan ini dikonfirmasi, mereka mungkin menyarankan bahwa tidur merupakan faktor kuat dalam seberapa banyak kita makan dan seberapa kemungkinan mendapatkan berat badan,” kata Calvin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda