Scroll to Top

Menpora Tidak Akan Hadiri di Kongres Tahunan PSSI

By Aditya / Published on Thursday, 15 Mar 2012

Andi Mallarangeng

Tanggal 18 Maret 2012 mendatang, PSSI akan menggelar Kongres Tahunan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Namun, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Andi Mallarangeng tampaknya tidak akan menghadiri hajatan PSSI tersebut.

“Sebagai menteri, saya tidak mesti hadir di Kongres Tahunan sebuah organisasi olahraga,” ujar Andi Mallarangeng di Jakarta.

Padahal, Kongres Tahunan PSSI disebut-sebut bakal menjadi forum yang diharapkan akan mengakhiri dualisme kompetisi di Indonesia. Di Kongres Tahunan nanti, PSSI sudah mengisyaratkan akan memberikan restunya kepada ISL meskipun IPL juga masih terus berjalan.

Menpora sendiri sedari mula sudah menekankan supaya dualisme kompetisi itu segera diselesaikan. Pasalnya, adanya perbedaan kepentingan masing-masing kubu penggelar liga justru memunculkan kerugian bagi Timnas Indonesia.

Andi Mallarangeng menginginkan jangan sampai ada diskriminasi dalam pembentukan Timnas Indonesia. Kebijakan PSSI yang hanya melibatkan IPL di skuad Laskar Garuda membuat Menpora geram, bahkan menyatakan akan menghentikan aliran dana untuk PSSI.

Oleh karena itu, Menpora berharap agar IPL dan ISL bisa disatukan selain menunggu sikap FIFA terhadap dualisme kompetisi yang masih terjadi di persepabolaan Indonesia.

“Kita semua ingin polemik dualisme kompetisi cepat tuntas. Makanya kami sangat menunggu kejelasan sikap FIFA,” kata Menpora.

“Untuk itu, langkah konkret harus dilakukan salah satunya adalah dengan penyatuan!” lanjutnya tegas.

Proses rekonsiliasi sendiri sudah mulai dilakukan. KONI akhirnya mengambil peran sebagai mediator untuk merukunkan dua kubu yang selama ini berseteru, yakni PSSI dan KPSI. Upaya ini mulai menuju titik terang dengan dirumuskannya 9 poin rekonsiliasi yang dicetuskan dalam forum segitiga antara KONI, PSSI, dan KPSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda