Scroll to Top

Athletic Bilbao vs Manchester United 2-1: Setan Merah Terkubur

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 16 Mar 2012

Berangkat untuk meraih hasil 3-4 atau menang dengan margin dua gol, Manchester United justru limbung. Athletic Bilbao, klub yang pada akhir pekan lalu kalah di Liga Spanyol, tahu betul apa yang harus mereka perbuat. 2 gol ke gawang David de Gea menamatkan perjalanan United untuk meraih gelar Eropa.

Athletic Bilbao vs Manchester United 2-1

Sir Alex Ferguson menyadari betapa klubnya pekan lalu dibuat mati kutu oleh lini tengah Bilbao yang begitu hidup. Maka, ditumpuklah lima pemain bernaluri gelandang. Termasuk memasang Ashley Young dan si cerdik Tom Cleverley. Meski sempat menghasilkan peluang emas di awal-awal laga, Setan Merah terkubur oleh lini tengah Bilbao yang diisi para pemuda yang senantiasa mau bekerja keras.

Si anak ajaib Iker Muniain dan Oscar de Marcos nyaris mengirim United ke neraka lebih awal. Menerima umpan brilian dari Fernando Llorente, Muniain hanya melihat tembakannya membentur mistar. de Marcos yang memanfaatkan bola rebound menjadi pahlawan sementara United karena tembakannya jauh dari bidang sasaran.

Pada akhirnya, tim yang lebih banyak menyerang harus mencetak gol. Hal itu terjadi di menit 23 dengan cara yang memukau siapa saja yang melihat. Umpan lambung indah Fernando Amorebieta dengan jitu ditembakkan oleh Llorente ke sudut jauh. Reaksi David de Gea tak mampu menyentuh bola tersebut. 1-0.

Sayang, petualangan Llorente malam itu terhenti di menit 40. Ia ditarik keluar oleh pelatih Marcelo Bielsa dan posisinya digantikan oleh Gaizka Toquero.

Terus menyerang, Bilbao mendapatkan hasil tambahan di babak kedua. Adalah Oscar yang menjadi pelakunya. Andoni Iraola melepaskan umpan silang ke tengah kotak penalti. Chris Smalling memenangkan duel dengan Toquero. Namun bola tandukannya jatuh ke arah de Marcos. Sang gelandang melepaskan tembakan yang menghunjam keras ke gawang De Gea. 2-0 di menit 65.

Tertinggal 2-0, SAF menerapkan strategi lain. Dimasukkannya Danny Welbeck menggantikan si gaek Ryan Giggs. United akhirnya mampu mencari gol penutup rasa malu. Aksi individu Wayne Rooney diakhiri dengan tembakan jarak jauhnya yang tak bisa dibendung lagi oleh kiper Bilbao, Gorka Iraizoz.

http://www.youtube.com/watch?v=4l8d6VeBEjU

Meski mampu memperkecil kedudukan di menit 80, United tak mampu lagi mengejar 2 gol tambahan. Bilbao yang unggul segalanya dalam pertandingan ini, sekali lagi menundukkan mereka dan mengirim Setan Merah keluar dari perebutan gelar Eropa.

Kini, cuma satu trofi yang mungkin mampir ke laci United: Premier League andai mereka terus mempertahankan jarak satu angka dari rekan sekota, Manchester City, yang juga hancur di ajang yang sama.

Bilbao Man. United
19(5) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 4(4)
5 Pelanggaran 8
5 Tendangan Sudut 5
0 Offsides 0
50% Ball Possession 50%
1 Kartu Kuning 2
0 Kartu Merah 0
5 Penyelamatan 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda