Scroll to Top

Manchester City vs Sporting Lisbon 3-2: Maut di Etihad

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 16 Mar 2012

Hidup memang sepert rollercoaster. Ucapan ini tepat sekali menggambarkan laga Manchester City vs Sporting Lisbon. Kalah 1-0 di leg pertama, City diunggulkan mampu menggasak wakil Portugal kala menjamu mereka di Etihad. Namun, kesalahan fatal di babak pertama menghancurkan mimpi The Citizens.

manchester city vs sporting lisbon 3-2

Roberto Mancini menurunkan skuad yang dijamin sangat agresif. Sergio Aguero dan Mario Balotelli ditunjang oleh para gelandang bernaluri menyerang seperti David Silva-Adam Johnson-Yaya Toure-dan David Pizzaro. Namun, tidak ada jaminan gol akan mudah terlahir. Sebaliknya, klub kaya ini justru tampil rapuh di babak pertama.

City yang harus mencetak gol sebanyak-banyaknya justru tertinggal dua gol dalam interval tujuh menit. Menit 33, Sporting Lisbon mendapatkan hadiah tendangan bebas dari sudut kanan gawang Manchester City. Matias Fernadez sukses memanfaatkan titik kelemahan Joe Hart ini dengan sempurna. Tembakan melengkungnya menghunjam telak ke sudut jauh gawang City meski ujung jari sang kiper Inggris mampu menyentuh bola.

Keadaan semakin berantakan ketika Sporting Lisbon mampu mencetak gol kedua mereka dalam laga ini. Tendangan bebas Sporting dari jarak setengah lapangan memang mampu ditanduk oleh Aleksandar Kolarov. Namun, upayanya mengamankan keadaan gagal. Marat Izmailov memanfaatkan situasi untuk kemudian menyodorkan bola yang tinggal disorongkan oleh Ricky van Wolfswinkel di menit 40.

Tertinggal 0-2 atau 0-3 secara agregat, City mesti mencetak 4 gol balasan di babak kedua. Misi ini mustahil jika melihat permainan mereka di babak pertama. Namun, ternyata pasukan Roberto Mancini nyaris mendapatkan hal tersebut.

Segalanya seakan berjalan sangat lambat hingga 15 menit memasuki babak kedua. Sergio Aguero menjadi pemecah kebuntuan lini depan City ketika Yaya Toure memberinya umpan brilian. Aguero yang tak terkawal membutuhkan dua sentuhan untuk menaklukkan kiper Sporting, Rui Patricio di menit 60.

Gol ini menjadi titik balik. Apalagi ketika David Silva dicopot dan digantikan oleh Samir Nasri. Lini depan yang makin agresif membuat City melahirkan gol kedua dengan cara yang tidak menyenangkan sang tamu. Aguero dilanggar Renato Neto —-pemain pengganti—. Mario Baloteli yang mendapatkan jatah menjadi eksekutor, dengan sempurna mengecoh Rui Patricio. 2-2 di menit 75.

Sebuah gol tambahan dari Aguero sempat membawa fans The Citizens bergairah. Tendangan sudut Kolarov disambut oleh sundulan Stevan Savic ke arah Aguero yang tak terkawal. Menantu Maradona membawa harapan Manchester City di menit 82 dengan gol cantiknya.

http://www.youtube.com/watch?v=uyx1kjqHEms

Namun, seperti rollercoaster pula, setelah tampil buruk di babak pertama dan mencetak 3 gol dalam waktu 22 menit, City tak bisa menambah satu gol lagi. Alhasil, Sporting Lisbonlah yang lolos. Agregat memang sama, 3-3. Namun wakil Portugal unggul agresivitas gol tandang. Sekaligus membuat City lagi-lagi bernasib sama dengan tetangga yang menuduh mereka ribut, Manchester United, meski jalan yang dilalui The Citizens sedikit lebih mengesankan.

Man. City S. Lisbon
12(5) Tembakan (Tembakan ke Gawang) 9(5)
16 Pelanggaran 11
11 Tendangan Sudut 6
4 Offsides 1
70% Ball Possession 30%
4 Kartu Kuning 3
0 Kartu Merah 0
1 Penyelamatan 4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda