Scroll to Top

Ini Ciri Sperma Yang Sehat

By C Novita / Published on Friday, 16 Mar 2012

ciri sperma yang sehat

Spermatozoid atau sperma adalah sel dari sistem reproduksi seorang pria yang tugasnya membuahi sel telur. Bentuknya menyerupai kecebong, dan memiliki ukuran sangat kecil.

Belakangan ini, karena berbagai perubahan gaya hidup manusia, maka kualitas dan kuantitas sperma juga berubah. Banyak mengkonsumsi junk food akan membuat sperma menjadi lambat.

Syarat sperma dikatakan sehat adalah jika;

  • Kuantitas atau jumlahnya mencapai 20 juta/ml semen.
  • Kualitas dari sperma biasanya dilihat dari bentuk dan struktur fisik sperma. Seorang dikatakan memiliki sperma yang sehat jika sepertiga jumlah sperma yang dihasilkannya mempunyai bentuk dan struktur yang baik.
  • Bentuk sperma yang sehat adalah yang memiliki kepala oval, serta ekor yang panjang dan lincah. Jika ekor bercabang, atau keriting, maka sperma tersebut tidak sehat dan sulit mencapai sel ovum.
  • Motilitas/pergerakan spermanya lincah. Seorang pria dikatakan subur jika jumlah sperma yang dihasilkan, lebih dari setengahnya dapat bergerak lincah.
  • Warnanya jika dilihat secara kasat mata adalah kelabu pucat
  • Beraroma khas (menyerupai bunga akasia). Jika berbau busuk, maka sperma tidak sehat.
  • Jumlah saat dikeluarkan sekitar 2-4 ml.

Untuk meningkatkan kualitas sperma, maka mengkonsumsi multivitamin, buah dan sayur, oatmeal, serta berbagai jenis seafood akan membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda