Scroll to Top

Dominasi Wakil Liga Spanyol di Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 16 Mar 2012

Athletic Bilbao mengandaskan Manchester United dengan agregat 5-3. Valencia menahan PSV Eindhoven 1-1 di Stadion Phillip untuk memperoleh agregat yang sama, 5-3. Terakhir, Atletico Madrid menghabisi Besiktas 3-0 untuk membawa agregat 6-1. Tiga wakil Liga Spanyol masuk ke perempat final Europa League; yang terbanyak di antara negara-negara lain.

Athletic Bilbao

Jika ditambahkan dengan duo raksasa Barcelona dan Real Madrid yang mulus di Liga Champions, berarti ada lima klub yang masih membawa nama Spanyol di Eropa. Lagi-lagi, tidak ada liga di negara lain yang menyaingi jumlah ini.

Satu-satunya liga yang mendekati La Liga adalah Bundesliga Jerman. Pagi ini, Schalke 04 menghajar Twente 4-1. Alhasil, percuma saja klub Belanda menang 1-0 di leg pertama kemarin. Schalke melenggang ke perempat final dengan agregat 4-2.

Satu klub lain adalah klub minor Hannover 96. Klub yang musim lalu bisa bertengger di peringkat empat Liga Jerman ini mampu menghabisi Standard Liege dari Belgia 4-0 tadi pagi. Loloslah Hannover dengan agregat 6-2.

Hannover 96

Ditambah Bayern Muenchen yang memastikan tiket ke perempat final Liga Champions dengan kemenangan besar 7-0 atas Basel, Jerman diwakili tiga klub di Eropa.

Sementara, dua liga yang dianggap sebagai yang terbaik di Eropa, bahkan dunia, dipastikan menangis tersedu. Baik Liga Inggris maupun Liga Italia cuma memberikan satu wakil di kompetisi Eropa. Itu pun terjadi di Liga Champions. Ya, AC Milan dan Chelsea menjadi harapan terakhir Serie-A dan Premier League untuk menjaga gengsi level mereka.

Sebaliknya, Liga Portugal malah meloloskan dua wakil. Sporting Lisbon yang lolos dari hadangan Manchester City, menjadi duta terakhir Portugal di Europa League. Sporting menemani Benfica yang juga memastikan satu tiket di Liga Champions.

Selebihnya, cuma ada satu wakil dari masing-masing liga di Eropa yang bertahan di Liga Champions dan Europa League. Kejutan hadir dari Metalist Kharkiv (Ukraina) yang mampu menaklukkan Olympiakos di kandang lawan tadi pagi. Namun, tidak ada yang lebih memukau daripada APOEL yang datang dari Siprus untuk membunuh Olympique Lyon di Liga Champions.

Berikut ini wakil-wakil liga di Eropa di Liga Champions dan Europa League.

No Liga Jml Wakil
1 Liga Spanyol 5 Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Athletic Bilbao, Valencia
2 Liga Jerman 3 Bayern Muenchen, Hannover 96, Schalke 04
3 Liga Portugal 2 Benfica, Sporting Lisbon
4 Liga Inggris 1 Chelseaa
5 Liga Italia 1 AC Milan
6 Liga Belanda 1 AZ
7 Liga Perancis 1 Olympique Marseille
8 Liga Ukraina 1 Metalist Kharkiv
9 Liga Siprus 1 APOEL
9 Liga 16

Valencia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda