Scroll to Top

Athletic Bilbao Lolos ke Perempat Final Liga Eropa Setelah 35 Tahun

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 16 Mar 2012

Pasukan muda itu sukses menunaikan misi bersejarah. Dua kemenangan home and away dari klub sekelas Manchester United membawa mereka terbang tinggi: Athletic Bilbao untuk pertama kalinya lolos ke perempat final kompetisi Eropa setelah 35 tahun.

Athletic Bilbao 2

Sudah terlalu lama Athletic Bilbao kering prestasi, baik di tingkat domestik maupun Eropa. Gelar terakhir Bilbao adalah juara Piala Super Spanyol pada tahun 1984. Musim 1983/1984 yang menjadi musim indah: Bilbao merebut gelar ganda juara Liga Spanyol dan Copa del Rey, ternyata menjadi musim terakhir mereka memasukkan trofi ke dalam laci.

Selebihnya, hingga hampir 18 tahun, Bilbao selalu sepi. Prestasi terbaik hanyalah runner-up La Liga musim 1997/1998 dan runner-up Copa del Rey musim 2008/2009.

Di Eropa, prestasi Bilbao nihil. Capaian terbaik mereka terjadi 35 tahun lalu. Ketika itu mereka kalah di final Piala UEFA (sekarang Europa League) 1976/1977 atas Juventus. Kekalahan itu pun sangat menyakitkan. Bilbao gagal juara karena masalah agresivitas gol tandang. Kalah 1-0 di Comunale, Turin, pasukan Basque cuma menang 2-1 di San Mames.

Seolah trauma dengan hasil yang nyaris saja membawa mereka menjuarai kompetisi Eropa, sejak saat itu Athletic Bilbao tak pernah lagi menembus babak perempat final di semua ajang. Entah European Cup (sekarang Liga Champions), entah Piala UEFA dan Piala Winners.

  • Jauh sebelum tragedi kalah di final ini, Athletic Bilbao melenggang pertama kali ke perempat final kompetisi Eropa adalah pada European Cup musim 1956/1957. Kala itu, mirip seperti saat ini, Bilbao berhadapan dengan Manchester United. Meski menang 5-3 di San Mames, Bilbao gagal lolos karena dibekap oleh Setan Merah di Maine Road dengan skor sangat telak 3-0. United lolos dengan agregat 6-5.
  • Capaian perempat final berikutnya tiba di Fairs Cup 1964/1965. Lagi-lagi mimpi Bilbao kandas di perempat final. Mereka kalah dari Ferencvaros klub Hungaria. Setelah saling mengalahkan di kandang dan tandang, pada babak play-off Ferencvaros menang 3-0.
  • Perempat final kembali menjadi kutukan Bilbao. Musim 1968/1969, mereka kembali bersua dengan Ferencvaros. Bilbao kalah berturut-turut di kandang dan tandang dengan skor kembar 1-2.
  • Tahun 1968/1969, capaian Bilbao tak bisa meningkat. Perempat final Fairs Cup menjadi petaka. Glasgow Rangers menumbangkan Bilbao dengan agregat 4-4. Setelah menang 4-1 di Skotlandia, Rangers cuma kalah 2-0 di San Mames.

Kini, setelah trauma musim 1976/1977, kesempatan Bilbao terbuka lebar. Mereka tentu tidak mau dicap sebagai spesialis perempat final. Kalau perlu kekalahan 35 tahun lalu di final dibalas tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda