Scroll to Top

Membuat Server Lokal Dalam 5 Menit dengan Opera Unite

By fajarmubarok / Published on Wednesday, 11 May 2011

Opera UnitePernahkah anda membayangkan mempunyai sebuah server begitu besar? Sebuah harga yang menawan diatas sepuluh juta jika anda berniat membeli sebuah server yang ada dipasaran dengan spesifikasi paling rendah.

Namun kali ini saya akan sedikit mengulas bagaimana anda bisa memanfaatkan fitur browser Opera untuk membuat sebuah server yang nantinya dapat anda gunakan pada komputer anda.

Browser Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar-platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, Opera dikenal karena memiliki banyak fitur yang kemudian diadopsi oleh penjelajah web lainnya.  namun hal yang saya sayangkan Opera hanya mendapat sebagian kecil pangsa pasar browser komputer pribadi di seluruh dunia. Opera lebih memiliki pangsa pasar yang besar pada perangkat mobile seperti ponsel, smartphone, dan personal digital assistant.

Mengulas sedikit tentang teknologinya, adalah fitur Opera Unite. Sebuah tool dimana anda dapat mengubah komputer atau laptop menjadi sebuah server tanpa banyak melakukan konfigurasi. Manfaat apa saja yang kita dapatkan setelah mengaktikan layanan opera united pada gadget kita? Disana kita layaknya mempunyai sebuah server pribadi, dimana anda dapat berbagi arsip musik, gambar, video, web, data lain. Berikut saya berikan sedikit gambaran perbedaaan antara teknologi server yang ada dan teknologi opera unite.

Perbedaan Opera Unite dengan sharing data

Dengan berbagi konten saat ini, Anda harus meng-upload konten yang ingin berbagi, dan ini kemudian disimpan di server pusat, pihak ketiga, di luar kendali Anda. Teman-teman Anda mengakses konten yang tersimpan dari server pihak ketiga.
Sharing data tradisional
Dengan Opera Unite, teman-teman Anda melihat konten yang ada di komputer Anda.
sharing opera united

Dengan memanfaatkan teknologi Opera Unite anda tidak lagi perlu mengupload konten atau data anda pada pihak ketiga, cukup anda memberi tanda share pada konten tersebut dan tunggu beberapa detik, seghingga file atau konten anda dapat tersharing pada dunia internet. Hal ini memangkas waktu kerja anda, sehingga anda dapat melakukan aktifitas secara optimal. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda