Scroll to Top

Setelah Firefox, Kini Mozilla Rilis Thunderbird 11

By Ditya / Published on Saturday, 17 Mar 2012

Thunderbird

Setelah beberapa waktu lalu Mozilla merilis browser Firefox 11, kini Mozilla merilis Thunderbird 11.

Thunderbird adalah perangkat lunak open source yang berfungsi sebagai email client yang dikembangkan Mozilla.

Sama seperti ketika rilis Thunderbird 5 yang diluncurkan tahun lalu, perangkat lunak email client ini mengadopsi siklus rilis cepat seperti browser Firefox.

Thunderbird adalah perangkat lunak email client yang dibangun menggunakan Gecko, mesin randering yang juga digunakan oleh browser Firefox untuk membentuk tampilan user interface dan menampilkan konten HTML.

Penyelarasan jadwal rilis Thunderbird dan Firefox memungkinkan pengembangan Thunderbird secara terus menerus karena penggunaan komponen yang sama oleh dua perangkat lunak tersebut.

Seperti yang dikutip dari ArsTechnica, karena siklus rilis yang lebih cepat, pengguna dapat melihat sedikit perubahan di setiap update Thunderbird.

Mozilla mengatakan bahwa ia akan menghentikan dukungan untuk Thunderbird versi 3.1.x pada bulan April tahun ini.

Thunderbird versi 11 ini membawa perubahan tampilan yang cukup signifikan, antarmuka pengguna dirombak untuk memindahkan posisi tab ke bagian atas, desain seperti ini sudah di adopsi oleh Firefox.

Namun Thunderbird tidak seperti Firefox, pengguna tidak dapat memindahkan kembali tab ke bawah bar navigasi.

Mike Conley dari Mozilla menjelaskan alasan pemindahan posisi tab, pemindahan tab di posisi atas toolbar memungkinkan tab dari berbagai jenis konten menampilkan toolbar mereka sendiri yang lebih relevan.

Pemindahan posisi tab ini menguntungkan bagi proyek seperti Lightning yang menambahkan kemampuan kalender pada Thunderbird.

Mozilla juga kan menyederhanakan tampilan antar muka dan mengintegrasikan alat komunikasi lainnya ke perangkat lunak Thunderbird.

Mozilla sendiri telah mengembangkan dukungan instant messaging untuk Thunderbird, fitur ini memungkinkan pengguna untuk chatting melalui perangkat lunak Thunderbird. Fitur ini kemungkinan akan muncul di Thunderbird versi 13.

Mozilla Thunderbird tersedia untuk sistem operasi Windows, Linux dan Mac OS X. Anda penasaran ingin mecoba perangkat email client Thunderbird? Silahkan unduh disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda