Scroll to Top

Sering Melamun? Itu Tanda Anda Termasuk Orang Cerdas

By C Novita / Published on Saturday, 17 Mar 2012

melamun tanda cerdasAnda pernah melamun saat sedang melakukan sesuatu hal seperti belajar atau bekerja? Jika pernah, bisa jadi Anda termasuk orang yang cerdas.

Melamun atau berhayal melakukan sesuatu hal lain diluar dari apa yang dikerjakan saat itu, bisa jadi tanda bahwa otak Anda memiliki kemampuan lebih.

Sebuah studi terbaru mengungkap fakta bahwa seseorang yang melamun saat sedang melakukan sesuatu, otaknya memiliki kemampuan memori yang bekerja lebih banyak, hingga mampu melakukan dua hal di saat yang bersamaan.

“Orang yang punya kapasitas memori otak lebih tinggi, mengaku bahwa pikirannya lebih sering melayang (melamun) kala sedang melakukan tugas sederhana. Dan pekerjaan tersebut tidak akan terganggu oleh lamunan mereka,” ungkap Daniel Levinson, psikolog di University of Wisconsin-Madison, dirilis Dailymail, Sabtu (17/3/2012).

Studi tersebut dilakukan pada sejumlah orang, dengan menyuruh mereka melakukan tes sederhana berupa menekan tombol jika sebuah kata nampak di layar komputer.

Secara berkala para partisipan itu ditanya apakah mereka sempat melamun atau pikiran mereka melayang saat melakukan tes itu.

Untuk mengukur kapasitas memori otak para partisipan, dilakukan tes mengingat serangkaian huruf, serta soal matematika sederhana.

Hasilnya, ternyata mereka yang sering melamun saat melakukan tes, malah memiliki kapasitas memori otak yang tinggi.

Inti dari studi terbaru ini, menunjukkan bahwa kapasitas memori otak penting dalam membuat seseorang fokus pada pilihan masalah yang mendesak untuk dipecahkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda