Scroll to Top

Resep : Sayap Ayam Bakar Kecap

By C Novita / Published on Saturday, 17 Mar 2012

sayap ayam bakarHampir semua anggota keluarga Indonesia menyukai Ayam Bakar. Ini memang hidangan yang khas sekali di Indonesia.

Selain nilai gizinya lumayan tinggi, harga daging ayam juga tidak setinggi daging sapi. Apalagi resikonya bagi kesehatan pun tidak sebesar jika kita mengkonsumsi daging merah.

Nah, resep kali ini menyajikan variasi lain bahan Ayam Bakar. Tidak menggunakan dagingnya, melainkan menggunakan sayap ayam yang gurih dan sedap.

  • Bahannya antara lain:

1/2 kg buah sayap ayam, 1 sendok teh air jeruk nipis, 50 ml kecap manis, 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

 

  • Bumbu halus:

4 buah cabe rawit, 4 buah cabe merah besar, 8 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, 4 butir kemiri sangrai, merica, garam. 1 batang Serai digeprek.

  • Cara membuat:

Sayap ayam yang sudah dibersihkan dan dicuci dilumuri dengan air jeruk nipis, dan biarkan selama 15 menit. Ini untuk menghilangkan bau amis, dan juga mengurangi efek negatif lemaknya.

Haluskan bumbu, lantas tumis sampai harum dengan minyak goreng di wajan. Masukan sayap ayam yang sudah dilumuri air jeruk nipis dalam tumisan bumbu. Tambahkan air setengah gelas, agar sayap ayam terendam dan tidak gosong.

Beri kecap dan serai, ungkep hingga sayap ayam matang.

Terakhir, siapkan panggangan, beri alas daun pisang atau aliminium foil, dan bakar sayap ayam hingga baunya harum

Jangan biarkan sayap ayam menjadi gosong, sebab itu dapat memicu kanker.

Terakhir, hidangkan dengan sayuran segar dan sambal terasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda