Scroll to Top

Sriwijaya FC 100% Menang di Kandang di Putaran Pertama ISL

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 18 Mar 2012

Kemenangan melawan Persiram Raja Ampat 1-0 di Jaka Baring kemarin petang membawa catatan tersendiri bagi Sriwijaya FC. Laskar Wong Kito tidak hanya resmi menjadi tim pertama yang menyelesaikan putaran pertama ISL. Ya, Sriwijaya FC sudah melakoni 17 laga menghadapi semua klub ISL: 9 di kandang dan 8 dalam laga tandang.

Sriwijaya FC

Selain menjadi yang terdepan urusan menyelesaikan laga, Keith Kayamba Gumbs dkk. juga sukses 100% memenangi pertandingan kandang di putaran pertama Indonesia Super League musim ini.

  • Laskar Wong Kito menjalani laga kandang perdana di pertandingan ketiga musim 2011/2012 pada Minggu, 11 Desember 2012. Yang dihadapi adalah sesama tim Sumatera, PSPS Pekanbaru. Kala itu, Sriwijaya FC unggul 2-1.
  • Selang seminggu, Sriwijaya kembali bermain di Jakabaring. Lawannya jauh lebih berkelas, Persija Jakarta. Namun, bahkan Macan Kemayoran sekalipun tak mampu mengandaskan atau menahan Laskar Wong Kito. Sriwijaya FC unggul 2-1.
  • Cuma menang tipis dalam dua laga kandang sebelumnya, peruntungan Sriwijaya FC berubah ketika menghadapi klub promosi Gresik United (Persegres). Tiga gol tanpa balas digelontorkan Hilton Moreira dkk.
  • Sejak saat itulah, semua lawan yang bertandang ke Jakabaring selalu dibobol minimal 3 gol —kecuali dalam laga terakhir melawan Persiram–. Pada Minggu, 15 Januari 2012, Persiba Balikpapan dilumat dengan skor telak 5-1.
  • Selang setengah bulan, giliran tim Papua yang dibumihanguskan. Persidafon Dafonsoro dibuat tidak berdaya dengan kemenangan fantastis 5-0.
  • Deltras Sidoarjo, klub yang berjuang untuk menghindari zona degradasi, juga dibuat tidak berkutik ketika berlaga di Jakabaring. The Lobster dipecundangi 3-1.
  • Skor serupa terjadi ketika Sriwijaya FC menghadapi tim kuat Persisam Samarinda. Tidak memedulikan taburan pemain bintang di klub tersebut, Laskar Wong Kito mampu menang dengan margin 2 gol. Aksi Christian Gonzalez seakan percuma karena duo bomber lini depan Sriwijaya FC berlomba mencetak gol. Keith Kayamba Gumbs membukukan 2 gol, sementara Hilton Moreira satu.
  • Pertarungan paling banjir gol di kandang bagi Sriwijaya FC terjadi pada Kamis, 8 Maret lalu. Mitra Kukar yang merupakan salah satu klub terproduktif ISL, mampu membobol gawang Sriwijaya FC yang ketika itu dijaga Rivki Modokompit, tiga kali. Kelemahan lini belakanglah yang membuat 4 gol ke gawang Mitra Kukar kurang menyamankan pendukung Laskar Wong Kito hingga akhir laga.
  • Sebagai penutup putaran pertama, Persiram Raja Ampat yang dihajar lewat gol tunggal Hilton Moreira di menit 71.

Total, dalam 9 pertandingan kandang, Sriwijaya FC mampu mencetak 28 gol. Rata-rata di setiap pertandingan ada 3,3 gol yang lahir dari klub ini.

Sriwijaya FC hanyalah satu dari dua klub yang bisa menang 100% di kandang dalam ISL musim ini. Selain mereka, klub lain yang menyapu bersih laga kandang adalah Persiwa Wamena. Pieter Rumaropen dkk. memenangi 8 dari 8 pertandingan kandang mereka.

Khusus untuk gelar juara paruh musim, Sriwijaya FC layak sedikit berdebar. Saat ini mereka unggul 5 angka dari peringkat kedua Persipura Jayapura. Padahal, Persipura masih menyisakan dua laga lagi. Artinya, andai Mutiara Hitam menyapu dua kemenangan di dua laga sisa, mereka akan unggul satu poin dari Laskar Wong Kito untuk menyabet “setengah gelar” juara putaran pertama.

Rekor Sriwijaya FC di Putaran Pertama

  • Sabtu, 17/3/2012     Sriwijaya FC vs Persiram    1 – 0
  • Kamis, 8/3/2012     Sriwijaya FC vs Mitra Kukar      4 – 3
  • Sabtu, 3/3/2012     Sriwijaya vs Persisam     3 – 1
  • Rabu, 8/2/2012     Sriwijaya FC vs Deltras      3 – 1
  • Sabtu, 4/2/2012     Sriwijaya FC vs Persidafon      5 – 0
  • Minggu, 15/1/2012     Sriwijaya FC vs Persiba     5 – 1
  • Kamis, 12/1/2012     Sriwijaya FC vs Persegres     3 – 0
  • Minggu, 18/12/2011     Sriwijaya FC vs Persija     2 – 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda