Scroll to Top

Julian Assange, Founder WikiLeaks, Maju Calon Anggota Senat Australia

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 18 Mar 2012

Julian Assange

Pada bulan Desember tahun lalu, akun Twitter WikiLeaks melempar pernyataan pada followers-nya: apakah mungkin bagi Julian Assange mencalonkan diri sebagai anggota Senat Australia sementara dirinya menjadi tahanan (rumah) di negara lain?

Ternyata jawaban pernyataan tersebut nampaknya positif. Sebab dari tweet terbaru akun WikiLeaks di Twitter, @wikileaks, menuliskan demikian.

[blackbirdpie url=”https://twitter.com/wikileaks/statuses/180833572700172288″]

Namun WikiLekas sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi tentang keterkaitan Julian Assange untuk maju sebagai calon Senat Australia. Julian Assange sendiri saat ini masih menjadi tahanan (rumah) di Inggris.

Kasus Julian Assange sebagai tahanan (rumah) namun mencalonkan diri sebagai anggota senat, mengingatkan pada kasus serupa yang terjadi di Afrika Selatan (Nelson Mandela) dan Turki (PM Recep Tayyip Erdogan).

Sontak rumor Julian Assange untuk maju menjadi anggota senat Australia mendapat dukungan di linimasa. Mereka men-support founder WikiLeaks tersbeut dengan tagar #Assange4Senate.

Selain mencalonkan Julian Assange untuk senat Australia, WikiLeaks juga mengumumkan dukungan untuk kandidat Perdana Menteri Julia Gillard dalam pemilihan berikutnya tahun 2013.

[blackbirdpie url=”https://twitter.com/wikileaks/statuses/180836385140383744″]

Julian Assange sendiri saat ini sedang dalam tahanan (rumah) di Inggris untuk menunggu proses ekstradisi ke Swedia.

Ia menghadapi tuntutan atas tuduhan kekerasan seksual. Proses ekstradisi saat ini sedang dalam proses banding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda