Scroll to Top

Inilah Hasil Kongres Tahunan PSSI

By Aditya / Published on Sunday, 18 Mar 2012

PSSI Kongres

Seolah tidak mau kalah dengan telah dibentuknya PSSI tandingan versi KPSI, PSSI di bawah komando Djohar Arifin Husin pun merilis hasil Kongres Tahunan PSSI yang berakhir Minggu (16/3) malam ini. Ada beberapa poin yang perlu dicermati. Salah satunya adalah pengangkatan Arifin Panigoro dan George Toisutta sebagai Dewan Kehormatan PSSI.

Lebih lengkapnya, inilah hasil Kongres Tahunan PSSI yang digelar di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sejak tanggal 17 Maret 2012 lalu:

  • Usulan pengangkatan Arifin Panigoro dan George Toisutta sebagai Dewan Kehormatan PSSI akan diproses sesuai statuta, yaitu diusulkan melalui Komite Eksekutif dan disahkan oleh kongres.
  • Diusulkan pergantian 4 anggota Komite Eksekutif PSSI yang telah dipecat sesuai keputusan Komite Etik PSSI, dan akan dibahas Komite Eksekutif dengan FIFA.
  • Usulan perubahan statuta diterima dengan membentuk tim perumus. Perubahan akan dilakukan dengan melakukan komunikasi dengan FIFA dan AFC. Hasil perubahan yang telah dikomunikasikan dengan FIFA dan AFC akan disampaikan pada Kongres PSSI yang akan datang.
  • Penguatan skorsing kepada 32 klub yang telah diputuskan Komite Eksekutif karena mengikuti breakaway league disetujui oleh kongres. Namun, semua klub tersebut masih bisa kembali ke pangkuan PSSI dengan syarat menyampaikan pernyataan secara tertulis dan dipublikasikan, juga berjanji untuk memenuhi statuta dan ketentuan yang berlaku.
  • Dana bantuan penyelenggaraan kompetisi amatir diberikan PSSI agar kompetisi berjalan dengan fair, lancar, dan berkualitas.
  • PSSI diberikan kewenangan oleh kongres untuk menyelesaikan dualisme kompetisi dengan berlandaskan 5 skema penawaran yang telah diajukan kepada KONI pada 12 dan 14 Maret 2012.
  • PT. LPIS adalah penyelenggara kompetisi satu-satunya yang sah yang dibentuk PSSI dan telah mendapatkan persetujuan AFC dan FIFA.
  • Laporan keuangan PSSI periode 11 Juli 2011-30 Desember 2011 diterima kongres dengan suara bulat.
  • Seluruh program dapat diterima dan disahkan dengan penajaman di beberapa kegiatan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda