Scroll to Top

Sepakbola Untuk Fabrice Muamba

By Wan Faizal / Published on Monday, 19 Mar 2012

Dunia sepakbola, khususnya sepakbola Inggris, mendapatkan kabar tak enak ketika salah satu pemain Bolton Wanderers, Fabrice Muamba, harus kolaps dan tak sadarkan diri ketika membela timnya melawan Tottenham Hotspur, Sabtu (17/3) malam waktu setempat.

Fabrice Muamba

Hingga kini, Muamba masih berada dalam kondisi kritis dan berjuang untuk mempertahankan hidupnya di unit perawatan jantung di The London Chest Hospital.

Tragedi tersebut tak hanya menyiratkan kesedihan, namun juga kita mungkin merasa terharu dengan apa yang dilakukan oleh seluruh pelaku sepakbola, tak hanya di Inggris, melainkan juga dari belahan negara lain juga ikut menyemangati Muamba.

Lihat bagaimana reaksi para pemain, ofisial, dan fans Tottenham ketika mengetahui Muamba yang notabene adalah lawan mereka saat itu ikut menangis dan cemas dengan kondisi eks anggota Timnas U-21 Inggris tersebut. Diantara mereka bahkan ikut mendoakan agar Muamba bisa bertahan.

Kepedulian pada Muamba tak hanya sampai disitu. Juventus mempersembahkan kemenangan 0-5 mereka atas Fiorentina untuk Muamba.

Fans Bolton juga tak lupa memberikan dorongan semangat pada Muamba. Di depan Stadion Reebok, markas Bolton, terdapat banyak tulisan dan ungkapan dari fans untuk Muamba.

Muamba

Di gelaran Premier League dan FA Cup yang dilangsungkan Minggu (18/3), aksi-aksi kepedulian pada Muamba juga diperlihatkan para pemain dan fans klub yang bertanding.

Laga antara Wolverhampton vs Manchester United, Chelsea vs Leicester City, Liverpool vs Stoke City, dan Newcastle United vs Norwich City diawali dengan “pemberian semangat” untuk Muamba.

Aston Villa dan pihak Premier League juga berbesar hati dengan menerima permintaan Bolton untuk mengundurkan laga antara keduanya karena semua awak Bolton masih ingin bersama Muamba dalam kondisi sulit tersebut.

Sampai disitu sajakah? Ternyata tidak. Real Madrid tak lupa memberikan “sesuatu” pada Muamba jelang pertandingan mereka melawan Malaga, Senin (19/3) dinihari WIB. Para pemain Madrid mengenakan kaos bertuliskan “Get Well Soon Muamba” dan “Animo Abidal” sebagai dukungan pada Eric Abidal yang menjalani operasi transplantasi hati.

Mungkin masih akan ada banyak kepedulian dari sesama pebola untuk Muamba. Satu yang dapat dipahami adalah, sepakbola tidak akan berarti lagi jika ada rekan se-profesi yang tengah melawan penyakit serius dan berjuang mempertahankan hidupnya.

“Saat ini sepakbola tak berarti apa-apa. Tapi Fabrice Muamba adalah yang terpenting saat ini,” kata Andy Carroll, striker Liverpool.

“Tak penting siapa yang Anda dukung. Tak penting jika Anda tidak suka sepakbola. Tak penting jika Anda tidak beragama. Tapi tolonglah berdoa untuk Fabrice Muamba,” tambah Kyle Walker, bek Tottenham.

Berikut adalah beberapa foto dukungan dan kepedulian pada Muamba:

Webb, Modric, Gallas, Saha

Kepanikan dari Howard Webb, Luka Modric, William Gallas, dan Louis Saha setelah mengetahui Muamba kolaps di lapangan

Assou-Ekotto, Gallas, Cudicini, Coyle

Benoit Assou-Ekotto, William Gallas, Carlo Cudicini, dan Owen Coyle cemas melihat kondisi Muamba di lapangan

Rafael Van der Vaart

Pemain Tottenham, Rafael Van der Vaart, cemas dan berdoa untuk Muamba

Tuncay-Modric

Pemain Bolton, Tuncay Sanli, khusyuk berdoa untuk Muamba. Sedangkan mata Luka Modric terlihat berkaca-kaca

Defoe-Bale

Gareth Bale terlihat menenangkan Jermain Defoe yang tak kuasa menahan tangisnya melihat kondisi Muamba

Tribut untuk Muamba

Dukungan dari para pemain Manchester United untuk Muamba sebelum laga melawan Wolverhampton

Chelsea

Dukungan dari ofisial dan pemain Chelsea untuk Muamba jelang laga melawan Leicester City

Gary Cahill - Pray 4 Muamba

Dukungan dari eks rekan setim Muamba, Gary Cahill, setelah ia membobol gawang Leicester

Liverpuldlian

Dari Liverpuldlian untuk Muamba

Norwich City

Para pemain Norwich City memberikan applause untuk Muamba sebelum laga melawan Newcastle

Real Madrid

Dukungan pemain Real Madrid untuk Muamba dan Abidal sebelum laga kontra Malaga

Get Well Soon, Muamba

Get well soon, Muamba

Jermain Defoe

Jermain Defoe bersama sang ibunda ketika menjenguk Muamba di The London Chest Hospital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda