Scroll to Top

Cegah Diabetes dengan Makan Apel, Pir, dan Blueberry

By Ilham Choirul / Published on Monday, 19 Mar 2012

Beberapa buah segar dan berair dinilai punya khasiat untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. Menurut studi dari Harvard School of Public Health, buah tersebut mengandung flavonoid yang sama seperti pada sayuran mau pun biji-bijian tertentu, dan terkait dengan manfaat untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

makan apel

Blueberry, apel, dan pir adalah buah-buahan yang dimaksud itu. Makan buah ini lebih banyak, dan disertai pola makan sehat serta olahraga, dapat mengontrol kadar gula dalam darah lebih stabil. Flavonoid tertentu yang tinggi pada buah-buahan diduga di balik efek menguntungkan dalam merendahkan risiko diabetes.

“Orang yang makan dalam jumlah lebih tinggi blueberry atau apel, mereka cenderung memiliki risiko rendah terhadap diabetes tipe 2,” kata An Pan, sang peneliti, dikutip Reuters Health.

Peneliti mengamati informasi dari 200 ribu peserta yang mengikuti tiga penelitian. Mereka mengisi kuesioner tentang seberapa sering mengonsumsi makanan tertentu dan minuman dengan ukuran porsi standar. Dari situ, ada 12.600 peserta yang berisiko kena diabetes.

Dari para peserta yang menyukai blueberry, ternyata terdeteksi mengalami penurunan risiko diabetes sebesar 23 persen. Sementara itu, mereka yang makan apel minimal lima kali selama seminggu, risiko terkena diabetes menurun sebanayak 23 persen.

“Kami menemukan hasil yang konsisten di tiga (kelompok belajar), di mana apel dan blueberry bermanfaat untuk diabetes tipe 2,” kata Pan.

Pan menyarankan, lebih baik mengonsumsi buah-buahan tersebut dalam kedaan utuh daripada dibuat jus. Karena, jus seringkali ditambahkan gula yang akhirnya justru meingkatkan risiko diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda