Scroll to Top

Pagi dan Petang, Waktu Potensial untuk Pejalan Kaki Tertabrak

By Ilham Choirul / Published on Monday, 19 Mar 2012

Hati-hati berjalan di pinggrir jalan saat pagi tiba. Apalagi di perkotaan, jalan raya menjadi wilayah paling krusial. Pasalnya, lalu lintas sangat ramai dengan kecepatan kendaraan mencapai batas sedang hingga tinggi. Masyarakat di waktu ini banyak yang sedang menuju tempat beaktivitas harian.

pejalan kaki

Menurut sebuah survey dari perusahaan asuransi di Inggris, jam 08.38 adalah waktu yang kerap membuat pejalan kaki tertabrak kendaraan. Sementara itu, pukul 18.22 juga menjadi waktu berbahaya bagi pejalan kaki dengan risiko yang sama. Di saat ini banyak orang yang menuju rumah setelah pulang dari aktivitas.

Studi yang melibatkan 1.000 responden di London, Birmingham, Glasgow, Cardiff dan Manchester, kebanyakan kecelakaan terjadi akibat kelalaian dari pejalan kaki dan atau pengendara.

Dari sisi pejalan kaki, mereka kerap tidak berkonsentrasi saat berjalan. Mereka tahunya cukup berkonsentrasi lurus ke arah depan. Banyak pula yang berjalan sembari memainkan ponselnya untuk telepon, sms, atau berinternet. Akhirnya, konsentrasi mereka pecah ketika menyeberang dan tidak memperhatikan kanan kirinya. Terjadilah kecelakaan itu.

Merujuk penelitian itu, ada 1 dari 10 pejalan kaki sibuk dengan ponselnya tanpa memperhatikan situasi kanan kirinya. Dan, ada 1 dari 8 pejalan kaki yang tetap bertelepon saat menyeberang jalan.

Sementara itu, banyak pula pengendara yang lengah ketika berkendara. Mereka juga banyak yang asik dengan gadgetnya sewaktu mengemudi. Mengutak-atik ponsel menjadi catatan yang sering muncul dalam kejadian kecelakaan akibat kelalaian pengendara.

“Kita tidak bisa menghentikan kemajuan teknologi, tapi saat kita dalam perjalanan dan mengggunakan peralatan genggam, otak kita tidak bisa konsentrasi sekaligus pada berbagai hal,” ujar Edmund King, Presiden perusahaan Asuransi AA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda