Scroll to Top

Pemerintah Tegaskan Netral Atas Dualisme PSSI

By Aditya / Published on Monday, 19 Mar 2012

PSSI

Meskipun hanya mengakui adanya satu PSSI, yakni yang dipimpin oleh Djohar Arifin Husin, pemerintah menyatakan tetap akan netral dalam menyikapi dualisme PSSI yang terjadi saat ini. Dualisme PSSI terjadi lantaran kini muncul PSSI tandingan di bawah kepemimpinan La Nyalla Mattalitti yang dipelopori oleh KPSI.

”Kita netral, pemerintah sifatnya netral. Melihat yang resmi saja dulu sampai ada ketetapan yg berbeda, karena hal semacam itu pemerintah tidak bisa ikut campur,” ujar Menpora RI, Andi Mallarangeng, di Jakarta, Senin (19/3).

Sesuai ketentuan FIFA, pemerintah memang dilarang untuk mencampuri urusan yang terkait dengan PSSI sebagai induk sepakbola di Indonesia. Jika pemerintah turut campur, maka FIFA bisa menjatuhkan hukuman. Meskipun demikian, pemerintah tidak akan rela jika kisruh PSSI justru berdampak buruk terhadap Timnas Indonesia.

“Kalau pemerintah, kita mendengar dan melihat bagaimana penetapan dari FIFA. ‘Kan begitu. Lalu kemudian yang paling penting adalah timnasnya itu, bagaimana dualisme kompetisi segera diatasi,” tandas Andi Mallarangeng.

Untuk urusan dualisme PSSI, pemerintah menyerahkan sepenuhnya kepada FIFA dan pengadilan abritase olahraga internasional (CAS) untuk bersikap. Upaya rekonsiliasi memang sudah dilakukan dengan KONI sebagai mediatornya. Namun, tampaknya PSSI dan KPSI masih bersikukuh dengan pendiriannya masing-masing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda