Scroll to Top

ARMchair: Kursi yang Dibuat dari Pistol, AK47, Senapan, Roket, dan Granat

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 20 Mar 2012

ARMchair_2

Kursi identik terbuat dari kayu atau dikombinasikan dengan bahan dasar busa (sofa). Bilamana ada sebuah kursi yang dibuat dari bekas senjata perang?

Goncola Mabunda, seorang seniman asal benua hitam, Afrika, membuat sebuah ‘singgasana’ yang terbuat dari kumpulan senjata bekas.

Senjata-senjata yang digunakan untuk membuat kursi ini antara lain AK47, pistol, roket, senapan, granat, dan masih banyak lagi.

Goncola Mabunda mengumpulkan senjata-senjata ini dari hasil perang saudara yang melanda Mozambik selama 16 tahun.

Perang tersebut berakhir pada tahun 1992 silam. Namun sisa-sisa senjata masih ditemukan dan dimiliki oleh pihak berwenang.

Goncola Mabunda saat perang terjadi, ia masih kecil dan tidak mengerti tujuan akan perang saudara itu. Kursi ini adalah apresiasinya terhadap perang. Dan saat ini karyanya sedang dipamerkan di Kota London, Inggris.

Selain membuat sebuah kursi, Goncola Mabunda juga menciptakan topeng yang terbuat dari senjata militer.

Karyanya merupakan perpaduan dari unsur tradisional dan modernis yang sangat dipengaruhi oleh Picasso dan Braque.

Menurut Goncola Mabunda, tahta (singgasana=kursi) adalah atribut kukuasaan dan merupakan simbol suku seni tradisional etnis Afrika.

Dan tahta ini yang diperebutkan selama perang saudara di Mozambik. Selama 16 tahun mereka memerebutka tahta tersebut.

Pameran yang diikuti Goncola Mabunda ini berlangsung di Kota London tepatnya di Jack Bell Gallery.

Lantas bagaimana Goncola Mabunda membuat kursi tersebut? Pertama-tama, ia menonaktifkan senjata. Kemudian baru merakitnya, menyusunnya, untuk menjadi sebuah kursi dan topeng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda