Scroll to Top

Pelajaran Dari Clive Clarke Untuk Fabrice Muamba

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 20 Mar 2012

Namanya mungkin belum pernah terdengar di telinga pecinta sepakbola di tanah air. Namun Clive Clarke memiliki secuil kisah yang cukup menarik yang berkaitan dengan apa yang dialami oleh Fabrice Muamba beberapa hari lalu.

Clive Clarke

Clarke yang saat itu bermain bagi Leicester City juga sempat mengalami kolaps saat timnya bertandang ke markas Nottingham Forest pada tahun 2007 dalam ajang Piala Liga.

Bedanya, jika Muamba kolaps di tengah lapangan, maka Clarke mengalaminya ketika berada di ruang ganti pemain saat babak pertama pertandingan baru saja usai.

“Saya masuk ke lorong pemain saat jeda pertandingan, dan saya merasa sedikit pusing. Saya bergegas ke ruang ganti pemain lalu duduk disana. Saya tak tahu apa yang terjadi kemudian, yang pasti ketika saya bangun saya sudah berada di ambulans,” kisah Clarke.

“Saya mengalami serangan jantung saat itu dan saya kolaps. Rekan saya dan ofisial tim mungkin mengira saya sudah meninggal saat itu. Namun saya beruntung mereka bereaksi dengan cepat untuk membantu saya.”

Menurut penuturan Clarke, saat itu jantungnya sempat berhenti selama empat menit. Kejadian itu membuat Clarke merasa sangat beruntung masih bisa melanjutkan hidupnya.

“Saya mulai menyadari bagaimana beruntungnya saya masih bisa bertahan hidup. Dokter berkata bahwa jika jantung berhenti berdetak selama tiga menit, maka akan sangat sulit untuk bisa kembali.”

Dan peristiwa yang dialami Muamba kemarin membuat Clarke prihatin dan berharap bahwa Muamba bisa meniru semangatnya untuk bisa kembali melanjutkan hidup.

“Saya merasa sangat sedih dan apa yang dialami Muamba membawa kembali kenangan buruk yang saya alami saat itu.”

“Saya sangat prihatin dengan Fabrice dan berharap ia bisa melewati ini semua, sama seperti yang saya lakukan dulu,” lanjut eks pemain Sunderland tersebut.

Semenjak kejadian tersebut, Clarke memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola. Saat ini, Clarke bekerja sebagai agen pemain sepakbola.

Sementara itu, kondisi Muamba sendiri sudah mulai membaik. Ia sudah sadarkan diri dan mulai memberikan respon terhadap sekitarnya.

Well, Clarke dan Muamba hanyalah dua dari sekian banyak pebola yang mengalami serangan jantung dan kolaps saat beraksi di lapangan. Namun dengan tekad yang kuat dan dukungan dari banyak pihak, mereka mampu berjuang dalam mempertahankan hidup mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda