Scroll to Top

Timnas Indonesia, Berkacalah Pada Brunei Darussalam!

By Aditya / Published on Tuesday, 20 Mar 2012

Indonesia - Brunei

Tak usahlah terlalu muluk berkaca pada Jerman, sepakbola Indonesia seharusnya instrospeksi diri dengan menoleh kepada tetangga sebelah, Brunei Darussalam. Tim yang selama ini dipandang sebelah mata, bahkan sering menjadi bulan-bulanan di sepakbola ASEAN, justru tampil sangat perkasa setelah dihukum oleh FIFA.

Ingatlah bagaimana kegemilangan Brunei Darussalam di turnamen Piala Hassanal Bolkiah beberapa waktu silam. Di laga final, negeri kecil berwujud kesultanan ini sukses membungkam raksasa Asia Tenggara, Indonesia, dan berhasil meraih gelar juara.

Mungkin itulah yang menjadi pemikiran tokoh sepakbola Jawa Timur, Peni Suparto, dan barangkali jutaan kepala pecinta sepakbola di negeri ini. Carut-marut sepakbola Indonesia mustahil untuk bisa diselesaikan dengan tuntas selama dua kubu yang saling bertikai tidak mau membuka mata dan hati.

”Saya acungi jempol perjuangan dan kinerja persepakbolaan Brunei (Darussalam). Seharusnya kita juga bisa seperti itu, bahkan lebih lagi dan menjadi macan Asia, karena sumber daya kita jauh lebih besar,” tandas Peni Suparto, Selasa (20/3).

Sanksi FIFA akan lebih baik demi menjernihkan suasana daripada kedua kubu sama-sama terus ngotot yang justru akan memperburuk perkembangan persepakbolaan di tanah air,” imbuhnya.

Ya, seperti halnya Brunei Darussalam, hukuman dari FIFA mungkin lebih adil bagi semua pihak. Seluruh biang persoalan harus dibasmi selama menjalani sanksi sehingga kelak akan lahir sepakbola Indonesia yang benar-benar baru dan bebas dari segala bau busuk politik.

“Selama masa menjalani sanksi inilah kita berbenah, mencari titik temu dan solusi sehingga kepengurusan PSSI menjadi satu kembali serta menempa para pemain tim nasional di semua jenjang, mulai usia dini hingga senior,” lanjut Peni Suparto yang juga menjabat sebagai Walikota Malang ini.

Jadi, tidak seharusnya Indonesia gentar terhadap ancaman hukuman dari FIFA demi perbaikan bagi persepakbolaan di negeri ini. Berkacalah pada Brunei Darussalam, Timnas Indonesia! Dihukum FIFA, siapa takut?!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda