Scroll to Top

Lionel Messi Pencetak Gol Terbanyak Barcelona Sepanjang Masa

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

16 Oktober 2004. Derby Catalan antara Espanyol vs Barcelona. Seorang anak kecil berusia 17 tahun 114 hari dimasukkan Frank Rijkaard untuk menggantikan Deco di menit 83. Bermain kurang dari 10 menit, 34000 penonton yang memadati Stadion Montjuic barangkali tak cukup mengenalnya.

Barcelona vs Granada 1

Namun, hanya kurang dari delapan tahun, seluruh dunia tunduk di bawah kaki bocah kecil itu. Lionel Messi resmi menjadi top skorer Barcelona sepanjang masa di usianya yang belum genap 25 tahun! Ya, dengan hattricknya saat Barcelona memberangus Granada 5-3, Messi tercatat mengemas 234 gol; unggul 2 gol dari pemegang rekor sebelumnya, Cesar Rodriguez (232 gol).

Entah kalimat apa yang bisa diucapkan untuk menggambarkan sosok Lionel Messi, terutama dalam empat tahun terakhir. Keberanian Josep Guardiola menggunakan skema nomor sembilan palsu; yang memungkinkan sang mesiah mencetak gol demi gol, membuat Messi menghancurkan rekor demi rekor pula.

Tengoklah catatan golnya. Dalam empat musim bersama Pep, Messi mencetak 192 gol. Artinya, 82% gol sang mesiah dibuat di era kejayaan Barcelona. Artinya pula, sekian gol Messi pula yang membawa El Barca meraih 13 trofi hanya dalam waktu kurang dari empat tahun; jumlah gelar yang bisa bertambah banyak akhir musim ini.

Kurang dari 7 tahun lalu, seorang bocah kecil mencetak gol perdananya dengan cara melambungkan bola melampaui kiper Raul Valbuena. Ini terjadi ketika Barcelona menekuk Albacete pada 1 Mei 2005. Kala itu, ia menjadi pemain termuda yang mampu mencetak gol di La Liga untuk Barcelona.

Satu gol dalam laga itu kini berubah menjadi 234 gol. Nomor 30 yang dikenakannya kala itu, kini berganti menjadi nomor 10. Dan dialah, (salah satu) pemain terbaik dunia sepanjang masa: Lionel Andres Messi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda