Scroll to Top

Granada Klub Pertama Yang Bisa Mencetak 3 Gol di Camp Nou dalam 34 Bulan

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

Tiga gol Granada ke gawang Victor Valdes —dua di antaranya penalti dari Guilherme Siqueira— membawa kenangan pahit tersendiri bagi Camp Nou. Untuk pertama kalinya dalam 34 bulan, gawang Barcelona mampu dibobol tiga kali dalam sebuah pertandingan di stadion kesayangan rakyat Catalan.

Granada

Ya, sudah hampir tiga tahun tidak satu pun klub —termasuk Real Madrid dan tim-tim tangguh di Liga Champions— hanya mampu datang ke Camp Nou untuk menyerah tanpa gol, atau paling maksimal mengemas 2 gol. Klub terakhir yang mampu mengoyak gawang Barcelona di Camp Nou dengan tiga gol adalah Villarreal pada 11 Mei 2009.

Ketika itu, Barcelona yang hampir pasti merengkuh gelar juara Liga Spanyol, sempat unggul 3-1 di babak pertama. Seydou Keita membuka keunggulan pada menit 10. Sempat disamakan oleh Joseba Llorente di menit 22, Barcelona kembali melesat lewat Samuel Etoo (’36) dan Dani Alves (45′).

Namun, babak kedua berubah menjadi tidak nyaman. Di menit 76, Eric Abidal melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Bek Perancis tersebut diberi kartu merah. Eksekusi penalti yang dilakukan oleh Matias Fernandez meluncur mulus ke gawang Victor Valdes. Bahkan, Joseba Llorente mencetak gol penyeimbang kedudukan di menit terakhir.

Sejak saat itu, gawang Barcelona selalu aman dari tiga gol lawan hingga hari ini. Barcelona memang pernah kalah, namun maksimal 2 gol saja yang dibubuhkan lawan, seperti ketika Hercules mempecundangi mereka di awal musim 2010/2011 lalu.

Barulah tadi pagi, Mainz dan Siqueira menjadi perontok rekor yang sudah bertahan hampir tiga tahun ini. Cukup menarik karena baik dalam laga melawan Villarreal maupun Granada, Barcelona sama-sama menderita satu kartu merah. Tadi pagi giliran bek kanan Dani Alves yang diusir wasit.

Yang tak kalah unik, kalau tiga gol Granada menembus dinding yang bertahan selama 34 bulan, lima gol Barcelona yang bersarang ke gawang tim promosi ini juga memberi cerita tersendiri. Tercatat, cuma Barcelona dan Real Madrid saja yang bisa menggelontor gawang Granada kali. Sebelumnya, awal Januari lalu, Real Madrid mencukur Granada 5-1 di Santiago Bernabeu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda