Scroll to Top

OneID, Sistem Login Masa Depan

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

Login OneIDOneID Inc telah menciptakan sebuah ide gemilang dalam proses login di internet tanpa harus memasukkan kata sandi dan nama pengguna.

Dan OneID menklaim tidak memiliki data center yang menyimpan pelbagai data pribadi – username, password, nomor kartu kredit, dan informasi lainnya – sehingga sulit bagi peretas untuk mengakses informasi ini.

Dengan OneID, pengguna internet tak dipusingkan untuk mengingat akun yang ia miliki dan menghafalkan kata sandi yang ia pilih. Hanya dengan satu kali klik serta single login.

Steve Kirsch, entrepreneur Silicon Valley yang telah memiliki pengalaman selama 30 tahun adalah orang dibelakang OneID.

Nama pengguna dan kata sandi memang diyakini sangat aman. Namun sekuritasnya terus menghadapi gempuran dari orang tak bertanggung jawab.

Itulah sebabnya Steve Kirsch menciptakan sebuah sistem multi device verifikasi yang bebas dan tidak memerlukan nama pengguna serta kata sandi.

OneID menggunakan kombinasi kriptografi asimetris canggih yang bekerja untuk mengidentifikasi pengguna melalui beberapa perangkat elektronik termasuk komputer, telepon, dan perangkat tablet.

“Sampai kita menghilangkan penggunaan rahasia untuk otentikasi, tidak akan pernah ada jawaban yang memuaskan atas pertanyaan, bagaimana saya tahu saya benar-benar aman ketika saya login ke sebuah website?,” papar Steve Kirsch.

Menurutnya informasi pengguna internet disimpan di sebuah data center. Dan setiap hari mereka sejatinya berbagi informasi di data center tersebut. Termasuk username, password, kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Steve Kirsch telah mendirikan lima start ups sukses lainnya dan menyumbangkan ide untuk Departemen Keuangan AS serta lebih dari 500 perusahaan.

OneID sendiri masih dalam versi beta, tetapi Steve Kirsch berpendapat, sistem ini akan menjadi standar identitas baru digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda