Scroll to Top

Aplikasi Gratis di Android Boros Baterai

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

Siapa yang tidak ingin aplikasi gratis di Android. Aplikasi berbayar memang terjangkau.

Namun jika ada yang gratis, mengapa harus beli? Mungkin itulah pemikiran pengguna Android yang doyan aplikasi gratisan.

Ada harga ada rupa. Itu juga berlaku untuk aplikasi gratis.

Salah satu kelemahan aplikasi gratis adalah sering munculnya iklan di sela-sela permainan. Nah, celakanya iklan ini yang menyebabkan baterai Android cepat terkuras.

New Scientist melaporkan penelitian Purdue University di Indiana, Amerika Serikat. Fakta terungkap jika aplikasi gratis di Andorid menjadi penyebab utama baterai ini cepat habis. Bagaimanakah prosesnya ini?

Mereka menguji pada aplikasi Angry Birds. Sebuah tool dibuat khusus untuk mengujinya. Ketika memainkan Angry Birds selama sehari penuh, aplikasi ini ternyata hanya menyedot 20 % dari total kapasitas baterai.

Dan 80 % sisanya ternyata digunakan untuk tenaga iklan. Tenaga sisa ini diperlukan sebagai daya untuk mengakses server serta mendeteksi lokasi pengguna. Mengapa perlu mendeteksi lokasi pengguna?

Agar iklan yang ditampilkan sesuai dengan lokasi pengguna. Pengguna Android yang berada di Tokyo tak mungkin bukan melihat iklan kuliner nasi gudeg? Dan pengaksessan lokasi ini bahkan menyita tenaga baterai hingga 45 %.

“Terhubung ke server untuk mengirimkan informasi lokasi memang penting demi keakuratan iklan. Ini biasa,” papar Chris McClelland, direktur aplikasi Ecliptic Labs.

Menurutnya, setiap aplikasi gratis di apapun perangkat yang digunakan memiliki resiko. Dan salah satu resiko yang paling kerap dijumpai adalah iklan.

“Pengembang saat ini dituntut untuk mampu membuat aplikasi yang mampu menyediakan fitur irit daya. Mereka harus menemukan hal tersebut, meskipun sulit,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda