Scroll to Top

Facebook Terlalu Banyak Teman? Pertanda Narsis!

By Ibnu Azis / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

FacebookAda istilah; banyak anak banyak rejeki dan banyak teman banyak relasi. Bilamana banyak teman Facebook?

Banyak teman belum tentu menambah banyak relasi atau koneksi. Teman Facebook hanya sebagai aksessoris.

Belum gaul jika tidak memiliki banyak teman di Facebook. Tak cukup ratusan, bahkan harus ribuan jika ingin dianggap gaul.

Sebuah setudi menunjukkan jika banyak teman di Facebook atau terlalu banyak teman yang dimiliki malah menunjukkan ke arah narsistik.

Sebuah penelitian di Western Illinois University menunjukkan korelasi antara jumlah teman Facebook dengan seberapa Anda aktif di Facebook.

Jika Anda banyak teman dan semakin banyak interaksi atau aktif, maka bisa dikatakan telah masuk ke ranah narsisme.

Penelitian yang dipublikasikan di Personality and Individual Differences menyatakan jika makin banyak teman, makin banyak di-tag, dan lebih dari sekali updates status di Facebook maka dapat diindikasi terkena narsistik.

Penelitian ini mensurvei 300 responden. Para partisipan menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan terkait dengan Narcisstic Personality Inventory.

“Facebook memberikan mereka fasilitas narsis. Ada banyak fitur Facebook yang mengarah ke perilaku narsistik,” papar Chris Carpenter dari Western Illinois University.

Masih menurutnya, fitur-fitur ini yang menggiring seseorang untuk menuju ke arah narsistik. Mereka tak sadar, namun sejatinya telah menjadi narsis.

“Mereka berlomba-lomba untuk menjadi pusat perhatian. Ingin dikomentari, ingin di-tag, dan sebagainya,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda