Scroll to Top

Biar Konsentrasi Tajam, Konsumsi Makanan Ini

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 21 Mar 2012

konsentrasi

Aktivitas tinggi kerap membuat pikiran menjadi lelah. Ditambah dengan keletihan fisik, konsentrasi seseorang makin terganggu. Untuk itu, diperlukan relaksasi dan asupan nutrisi yang bisa membantu fungsi otak dari dalam tubuh.

Ada berbagai bentuk zat gizi yang sebenarnya sangat membantu mengembalikan konsentrasi. Dan, itu ada di sekitar Anda. Inilah berbagai makanan yang bisa Anda konsumsi:

  • Kafein. Zat yang ada dalam kopi dan teh ini bisa membuat Anda lebih bersemangat dan mengusir rasa kantuk. Namun kalau Anda kebanyakan kafein justru membuat gelisah dan susah konsentrasi. Jadi konsumsi sesuai kebutuhan tubuh Anda.
  • Gula. Hilangnya konsentrasi bisa disebabkan kurangnya gula pada otak. Konsumsi gula secukupnya untuk mengembalikan konsentrasi Anda. Mungkin efeknya sesaat, namun setidaknya itu akan membantu. Bisa pula Anda ganti gula dengan camilan gandum murni atau buah-buahan segar yang lebih sehat buat tubuh.
  • Ikan. Asam lemak omega-3 pada ikan membantu asupan bergizi bagi otak. Mengonsumsi ikan dua kali seminggu mengembalikan fungsi otak dalam berkonsentrasi. Pilihlah ikan dengan kadar merkuri rendah, seperti ikan salmon atau haring.
  • Blueberry. Buah sejenis anggur ini dikenal mencegah otak dari kepikunan dan Alzheimer. Selain itu, blueberry dikenal pula meningkatkan kemampuan otak untuk menyerapkan informasi dan berpikir.
  • Popcorn. Camilan ini kaya vitamin B6, B12, dan E. Vitamin tersebut dapat meningkatkan kemampuan berkonsentrasi, mengingat, dan berpikir bagi otak.
  • Alpukat. Buah yang lezat disantap langsung atau dibuat jus ini, kaya akan asam lemak omega 3 seperti halnya ikan. Baiknya lagi, alpukat punya manfaat mengurangi timbunan plak kolesterol dan mencegah hadirnya kolesterol jahat. Jadi, selain baik untuk otak, alpukat berguna untuk kesehatan jantung.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis makanan ini membantu melindungi otak dalam jangka panjang terhadap kemampuan kognitif. Kacang juga memiliki zat antioksidan dan protein¬† untuk membantu peremajaan fungsi pikiran.
  • Sayuran hijau. Sayuran ini jangan Anda lewatkan. Jenis sayuran hijau biasanya kaya asam folat yang melindungi otak dari kecacatan. Zat tersebut dapat ditemukan pada bayam, brokoli, kubis, dan sebagainya.
  • Sarapan rendah kalori. Sarapan penting untuk menyuplai energi, termasuk kebutuhan energi di otak. Jangan sampai terlewat untuk sarapan dengan jenis menu yang sehat. Hindari kekenyangan dan menu berkalori tinggi. Jika ada, tambahkan buah, susu, dan sereal pada menu sarapan.
  • Suplemen. Kalau Anda terlalu sibuk, jalan terakhir mungkin dengan mengonsumsi suplemen. Anda tinggal makan berbagai zat gizi dalam bentuk kapsul atau tablet. Jenis zat yang bisa Anda pilih adalah vitamin B, C, E, dan nutrisi seperti beta-karoten, ginseng, magnesium, dan ginkgobiloba yang dikenal membantu fungsi otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda