Share

Menyusui Saat Sakit

Demam, batuk, muntah dan diare, merupakan sakit yang sering dialami oleh ibu menyusui, namun bukan berarti keadaan tersebut menyebabkan ibu berhenti menyusui

Jika ibu menyusui mengalami common cold atau flu, dalam keadaan ini diperbolehkan menyusui bayinya dan menyusui tetap pilihan terbaik untuk memberikan asupan gizi pada bayi. Dengan atau tanpa menyusui, bayi dapat terpapar dengan penyakit yang diderita ibu, bahkan mungkin terjadi sebelum ibu sadar tentang sakitnya.

Pada saat sedang sakit, secara umum tubuh ibu membuat antibodi untuk melawan infeksi maupun penyakit. Dengan tetap menyusui keuntungannya adalah ibu juga memberikan antibodi tersebut pada bayi melalui ASI, meningkatkan sistem imun bayi .

Permasalahan pada ibu menyusui yang sakit, tidak hanya pada masalah penyakitnya saja tetapi juga obat- obatan yang dikonsumsi saat sakit.

Tentu saja bila penyakit yang diderita adalah penyakit yang berat seperti HIV atau Hepatitis , perlu konsultasi dengan dokter lebih jauh tentang menyusui jauh sebelum bayi lahir. Sebab dalam keadaan-keadaan khusus tersebut, terdapat banyak hal yang dipertimbangkan dalam menyusui. Keuntungan dan kerugiannya baik bagi ibu maupun bayi.

Demam
Ibu menyusui yang mengalami demam dapat tetap menyusui bayinya, dan obat-obatan penurun panas yang umum dijumpai seperti Paracetamol (acetaminophen) dan ibuprofen secara umum aman untuk ibu menyusui. Jika demam timbul pada beberapa minggu pertama setelah persalinan, penting untuk segera menghubungi dokter, sebab dapat merupakan indikasi terjadinya infeksi atau komplikasi persalinan. Demikian pula jika demam tidak membaik dalam waktu 3 hari.

Muntah dan Diare
Muntah dan diare jika tidak diatasi dengan baik akan jatuh pada keadaan dehidrasi. Seorang ibu menyusui yang mengalami keadaan ini penting untuk menjaga agar tidak terjadi dehidrasi, sebab dehidrasi akan berpengaruh terhadap produksi ASI. Jika diare dan muntah terus menerus, cairan yang masuk juga tidak memadai, sebaiknya ibu segera menghubungi dokter Anda/pusat pelayanan kesehatan.

Batuk
Batuk merupakan salah satu gejala flu selain demam. Jika batuk ringan, bukan suatu alasan untuk menghentikan menyusui bayi. Upayakan tidak batuk di dekat bayi baik saat sedang menyusui atau tidak, serta diskusikan dengan dokter tentang obat- obatan yang aman dikonsumsi untuk ibu menyusui.