Scroll to Top

Adapteva Perkenalkan Prosesor Dengan 4096 Core!

By Ditya / Published on Thursday, 22 Mar 2012

Epiphany

Prosesor saat ini berkembang ke arah multicore atau berinti banyak, lihat saja prosesor yang ada di pasaran mulai dari dual-core dan quad-core tersedia di pasar notebook dan desktop.

Sementara di pasar server, prosesor yang digunakan lebih bervariasi hingga 16 core prosesor. Beberapa waktu lalu sempat muncul berita mengenai prosesor dengan 100 core dari Tilera.

Pernahkah anda berpikir tentang prosesor dengan ribuan core? Kini telah ada. Sebuah perusahaan baru bernama Adapteva telah mengembangkan prosesor dengan jumlah core mencapai 4096 core!

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, Adapteva mengembangkan prosesor dengan arsitektur multicore IP dengan 4096 inti berbasis RISC (Reduced Instruction Set Computing) dalam 1 die.

Adapteva mengklaim bahwa prosesor yang dikembangkannya sangat efisien dalam hal penggunaan daya. Perusahaan mengklaim efisiensi chip prosesornya kinerja 70 Gflops (gigaflops) per watt.

Adapteva juga mengklaim kinerja floating point-nya 5 kali lebih cepat dari superkomputer RED ASCI.

RED ASCI adalah superkomputer yang ditenagai oleh 9680 prosesor Intel Pentium Pro pada tahun 1997 yang menghasilkan kinerja hingga 1 Teraflops.

Adapteva menamai chip ini Epiphany. Epiphany akan tersedia dipasaran dengan varian 16, 64, 1024 dan 4096 core, namun  sejauh ini hanya sampai 16 core saja yang diproduksi.

Prosesor Epiphany single core dengan kecepatan 1GHz mampu menghasilkan kinerja hingga 2 Gigaflops. Pada versi 4096 core mampu menghasilkan kinerja hingga 5,6 Teraflops dengan konsumsi daya hanya 80 watt.

Tidak ada informasi resmi dari adapteva mengenai ketersediaan prosesor Ephipany di pasaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda