Scroll to Top

Microsoft Menandatangani Nota Kesepahaman Dengan Baidu

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 05 Jul 2011

Seperti yang diketahui, Google telah hengkang dari pasar pencarian online Cina yang dikuasai oleh mesin pencari milik Cina yaitu Baidu, tapi tidak dengan Microsoft.

Baru-baru ini, seperti yang dikutip dari Cnet News, Microsoft menandatangani nota kesepahaman dengan Baidu untuk saling bekerjasama di negara Tirai Bambu tersebut.

baiduDalam nota kesepahaman tersebut, Microsoft akan menyediakan hasil kueri pencarian yang berbahasa Inggris di Baidu, seperti yang dilansir kedua perwakilan masing-masing perusahaan terhadap New York Times dan Dow Jones kemarin (4/7).

Kepada Times, perwakilan Baidu mengatakan “Semakin banyak pengguna mencari kueri dengan bahasa Inggris, namun Baidu masih belum bisa bekerja dengan baik. Jadi inilah cara terbaik bagi kami.”

Baidu adalah mesin pencari (search engine) terpopuler di Cina, di mana Google adalah nomor kedua (sebelum hengkang), sedangkan Microsoft, yang mengakuisisi aset Yahoo! bekerja keras demi menaikkan peringkatnya.

Baidu sendiri telah memiliki 83 persen dari pasar di Cina, terus berusaha meningkatkan kualitas layanan pencarian berbahasa Inggrisnya. Saat ini pencarian berbahasa Inggris di Baidu sebanyak 10 juta per hari dan bisa terus meningkat karena Baidu telah bekerjasama dengan Microsoft.

Kerjasama macam ini bukanlah hal yang tidak biasa di industri pencarian. Situs Ask.com menggunakan hasil pencarian Google, dan Yahoo menggunakan hasil pencarian Bing dari Microsoft. Umumnya, penyedia hasil pencarian (dalam contoh adalah Google dan Bing) mendapat porsi dari pendapatan iklan.

Bagi Microsoft tentu hal ini adalah peluang, seperti yang dilansir dari pernyataan Shen Xiangyang, Wakil Direktur Global Senior Microsoft “Kerjasama Bing dengan Baidu membuat pengguna Baidu menerima hasil pencarian berbahasa Inggris yang lebih baik, dan juga pengguna Baidu sekaligus mencoba rasa dari Bing.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda