Scroll to Top

Intel Kembangkan Atom Generasi Baru Berbasis Ivy Bridge

By Ditya / Published on Thursday, 22 Mar 2012

Atom Valleyview

Tidak lama setelah Intel meluncurkan Atom generasi Cedar Trail, kini Intel telah mengembangkan generasi Atom yang lebih baru.

Intel Atom sendiri adalah prosesor yang besutan Intel yang didesain untuk netbook dengan konsumsi daya yang sangat kecil.

Intel akan mengembangkan Atom baru dengan basis mikroarsitektur Intel Ivy Bridge. Sember menyebutkan bahwa grafis Atom baru akan mewarisi kemampuan grafis dari Intel Ivy Bridge dengan dukungan DirectX 11.

Berbeda dengan generasi Cedar Trail yang baru saja dirilis menggunakan grafis PowerVR SGX, generasi baru ini kemungkinan menggunakan grafis dari arsitektur Intel Ivy Bridge.

Seperti yang dikutip dari Xbitlab, driver untuk chip baru Intel telah terdaftar di list driver Intel, kemungkinan Atom baru ini akan segera dirilis di masa mendatang.

Generasi baru Atom ini menggunakan kode nama “Valleyview” (VLV) ini memiliki memory controller “Pondicherry” yang juga terdapat di jajaran prosesor Intel Core i-series generasi Ivy Bridge.

Berdasarkan sumber dari situs Phoronix, Atom baru ini akan mendukung output DisplayPort dan port HDMI serta diproduksi dengan menggunakan fabrikasi 32nm.

Menurut sumber dari Intel, Valleyview adalah chip Atom Cedar Trail tapi menggunakan grafis dari Intel Ivy Bridge yang dilengkapi dukungan terhadap DirectX 11 dan OpenCL.

Intel juga mulai menambah dukungan driver mikroprosesor, termasuk Valleyview dan Haswell untuk sistem operasi Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda