Scroll to Top

Nokia Berencana Meninggalkan Jepang

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 05 Jul 2011

Menurut sebuah media di Jepang, Nokia berencana meninggalkan pasar telepon genggam di Jepang pada Agustus nanti. Vertu, produk kelas tinggi Nokia yang meninggalkan akhir Agustus nanti. Rencana Nokia ini selaras dengan tindakan penutupan toko di Inggris dan beberapa negara Eropa lainnya dan berfokus pada penjualan perangkat melalui operator masing-masing negara di seluruh dunia.

Seperti yang dikutip dari Geek.com, Nokia sepenuhnya meninggalkan Jepang, namun perusahaan operator tetap mendukung perangkat Nokia namun tidak ada produk baru yang akan dijual di Jepang, dan konsumen Jepang tidak mampu membeli Nokia.

Symbian sebagai salah satu produk Nokia juga sebenarnya cukup populer di Jepang, namun seperti di tempat lain, kepopulerannya digerus oleh Android atau iPhone. Sebagai contoh, Apple memiliki berbagai toko di Jepang, termasuk di distrik Ginza dan Shibuya.

Ditambah lagi, penjualan iPhone dan perangkat berbasis iOS membludak di Jepang, Android juga sama, yang mengakibatkan Nokia dan Symbian jatuh, dan jelas iOS beserta Android menjadi pemenang dari kepergian Nokia.

Bisa dilihat tindakan Nokia tersebut adalah memudarnya dominasi Nokia di tingkat global, dan keputusan Nokia untuk berpindah ke Windows Phone 7 agak terlambat demi menyelamatkan pasar Nokia, padahal Nokia bertaruh dengan memposisikan ulang sebagai produsen perangkat Windows Phone 7 yang menurut Nokia akan digemari konsumen.

Tagged as:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda