Scroll to Top

Ingin Menghapus Tato? Ini Caranya

By C Novita / Published on Thursday, 22 Mar 2012

menghapus tato

Seseorang yang sudah memutuskan untuk membubuhkan tato pada kulitnya, pasti sadar bahwa gambar tato tersebut akan seumur hidup berada di sana.

Namun seiring berjalannya waktu, bisa jadi ada keinginan untuk menghapus tato tersebut, seperti yang dialami oleh artis Olla Ramlan.

Yang perlu diingat bahwa, menghapus sama sekali tato di kulit adalah hal yang mustahil. Semakin baru tato, semakin sulit untuk menghapusnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa pilihan cara menghapus tato, yang bisa dilakukan.

  • Laser

Pasien biasanya akan diberi gel anestesi untuk mengurangi rasa sakit. Cara kerjanya adalah, gelombang laser ditembakkan ke kulit dengan frekwensi tinggi. Panjang gelombang biasanya berbeda-beda berdasarkan warna tinta tato.

Biasanya perlu pengulangan beberapa kali, hingga tato benar-benar hilang. Bekas yang ditinggalkan berupa lecet, atau koreng.

  • Dermabrasi

Dermabrasi cara kerjanya mirip dengan pengampelasan atau penipisan kulit. Sebelumnya kulit akan disemprot terlebih dahulu dengan cairan tertentu, lantas dikikis atau diampelas. Akan sangat menyakitkan dan bisa menimbulkan pendarahan.

  • Krim Penghapus

efektifitas dari krim penghapus yang digunakan amat beragam. sebagian mengatakan krim ini efektif, namun sebagian lagi mengatakan tidak. Cara kerjanya adalah dengan mengoleskan sejenis krim bahan kimia ke tato.

  • Asam TCA (trikloroasetat)

Asam ini digunakan untuk penipisan kulit. Sebelumnya obat ini juga digunakan sebagai obat kutil. Cara kerjanya tidak terlalu menyakitkan seperti laser atau demabrasi, namun butuh ketekunan dan waktu yang lama sampai tato memudar.

  • Operasi pengangkatan kulit.

Ini adalah cara paling ekstrem yang ada. Oprasi pengangkatan kulit dilakukan untuk mengambil jaringan kulit dimana tato berada, dan menarik jaringan kulit yang baik lalu menjahitnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda