Scroll to Top

Lionel Messi 1 Gol Lagi Pencetak Gol Terbanyak Barcelona di Liga Spanyol dalam Semusim

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 23 Mar 2012

Bocah kecil berusia 24 tahun tengah menggenggam dunia. Pertengahan pekan ini Lionel Messi menjadi pusat perhatian ketika ia resmi menjadi top skorer Barcelona sepanjang masa di kompetisi resmi. Messi yang cuma membutuhkan dua gol untuk melampaui catatan Cesar Rodriguez, Rabu lalu mencetak hattrick dalam kemenangan Barcelona 5-3 atas Granada. Jadilah Messi mengemas 234 gol, unggul 2 gol dari almarhum Cesar Rodriguez yang rekornya sudah bertahan 57 tahun.

Lionel Messi

Leo Messi juga baru saja memecahkan rekor sebagai pemain yang mampu mencetak gol terbanyak di laga kandang Barcelona dalam semusim. Ia melewati catatan Hans Krankl pada musim 1978/1979 yang mampu membukukan 24 gol di Camp Nou. Saat ini, ketika Liga Spanyol masih menyisakan 10 laga —5 di antaranya dimainkan di kandang sendiri—, Messi sudah mencetak 26 gol di Camp Nou.

Akhir pekan ini, akan ada lagi rekor yang hendak dipecahkan oleh sang mesiah. Yaitu, pencetak gol terbanyak Barcelona di Liga Spanyol dalam semusim. Rekor ini sebelumnya dipegang dua orang.

Pertama, Ronaldo si tonggos. Dalam perjalanan pertamanya di Liga Spanyol pada musim 1996/1997, Ronaldo Nazario mampu menyumbang 34 gol. Jumlah gol itu dibuatnya dalam 37 pertandingan. Artinya, Ronaldo membukukan 0,92 gol setiap pertandingan.

Orang kedua yang menyabet gelar pencetak gol terbanyak Barcelona di Liga Spanyol adalah Lionel Messi sendiri. Hal ini terjadi pada musim 2009/2010. Ketika itu, 34 gol Messi dibuat dalam 35 pertandingan saja. Artinya, rata-rata mencetak gol Messi lebih baik daripada Ronaldo: 0,97 gol perlaga.

Kini, pada musim 2011/2012, dalam 27 pertandingan saja, Messi sudah menyabet 34 gol: setara dengan catatan Ronado musim 1996/1997 dan dirinya sendiri dua musim lalu. Sebiji gol lagi sudah cukup membuat Messi kembali memasukkan namanya dalam catatan rekor individual di Barcelona.

Menghadapi Real Mallorca akhir pekan ini menjadi titik kunci. Pertama, Messi tentu ingin menunjukkan bahwa ia tak lagi melempem di laga tandang. Saat ini, torehan gol Messi di laga tandang di Liga Spanyol baru 8 gol.

Kedua, untuk klubnya sendiri, King Leo pastinya tak mau pula ada anggapan Barcelona cuma jago membumihanguskan lawan di Camp Nou. Bagi El Barca, 7 kemenangan dari 14 pertandingan tandang atau rerata kemenangan yang cuma 50% tentu kurang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda