Scroll to Top

Hasil Pertandingan Grup C Copa America 2011: Chile Susul Kolombia

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 05 Jul 2011

Sepasang gol dari Esteban Paredes dan Arturo Vidal membuat Chile menjadi negara kedua menyusul Kolombia yang mampu meraih kemenangan pada laga pertama penyisihan grup Copa America 2011. Chile berhasil mengalahkan tim muda Meksiko 2-1 di San Juan, Selasa (5/7) pagi.

Chile memulai pertandingan dengan baik. Dimotori oleh Matias Fernandez, Alexis Sanchez, dan Vidal, serangan anak asuh Claudio Borghi begitu lancer ke daerah pertahanan Meksiko. Sebaliknya, Meksiko hanya mempu mengandalkan serangan balik. Itupun dapat dengan mudah diantisipasi bek-bek Chile.

Peluang-peluang Chile banyak diawali dari sisi kanan, dimana disana terdapat dua pemain yang bermain di Udinese, yakni Sanchez dan Mauricio Isla. Beberapa kali crossing-crossing berbahaya berhasil mereka lepaskan, namun masih belum membuahkan hasil.

Meski lebih dominan dalam penyerangan, Chile justru tertinggal lebih dulu. Nestor Araujo berhasil membuat El Tri unggul lebih dulu pada menit ke 41.

Berawal dari umpan silang Giovani dos Santos, bola mengarah ke Rafael Marquez Lugos yang lalu mengarahkan bola ke Araujo dengan kepalanya. Bola lantas kembali disundul Araujo kea rah gawang yang tidak mampu dijangkau kiper  Claudio Bravo.

Borghi menginstruksikan anak asuhnya untuk lebih menyerang di babak kedua. Humberto Suazo mendapat peluang emas ketiganya pada menit ke 52, namun tendangannya masih mampu diantisipasi kiper Meksiko, Luis Michel.

Suporter Chile seperti sudah kehilangan semangat melihat kegagalan tim pujaannya mencetak gol. Hingga akhirnya pada menit ke 60 masuklah Esteban Paredes menggantikan Jean Beausejour. Tujuh menit berada di lapangan, Paredes berhasil menyamakan skor setelah menerima umpan dari Pablo Contreras.

Semangat anak-anak muda Meksiko langsung goyah akibat gol itu. Terbukti, hanya berselang enam menit dari gol Paredes, Arturo Vidal sukses membuat La Roja memimpin 2-1. Berawal dari corner kick Matias Fernandez, Vidal berhasil menanduk bola ke tiang jauh yang tidak mampu dijangkau Michel.

Di masa injury time, Meksiko mendapat peluang emas. Edgar Pacheco yang lolos dari kawalan pemain belakang Chile tinggal berhadapan dengan Bravo. Sayang, karena terlambat mengeksekusi bola, tembakan pelannya masih mampu dihalau bek-bek Chile. Hingga pertandingan berakhir, skor 2-1 tetap tak berubah.

“Kami mencoba untuk tetap tenang, karena gol pasti akan datang. Dan itu terjadi, dan akhirnya kami punya kesempatan untuk membalikkan keadaan,” jelas Alexis Sanchez.

Sementara itu, Dos Santos mengutarakan kekalahan timnya adalaj karena mereka menerapkan strategi yang salah di babak kedua.

“Saya piker cara kami bermain layak untuk disalahkan. Kami harusnya lebih banyak memainkan bola ketika sedang unggul, meski kami tahu melawan Chile adalah pertandingan yang tak mudah.”

Dengan hasil ini, maka Chile menempati posisi pertama di klasemen sementara Grup C. pertandingan berikutnya akan mempertemukan Chile melawan Uruguay dan Meksiko melawan Peru.

Data pertandingan:

Chile: Claudio Bravo, Gonzalo Jara, Waldo Ponce, Pablo Contreras, Mauricio Isla, Gary Medel, Arturo Vidal, Jean Beausejour (Esteban Paredes 60’), Matias Fernandez (Carlos Carmona 84’), Alexis Sanchez, Humberto Suazo (Marco Estrada 92’). Coach: Claudio Borghi

Meksiko: Luis Michel, Ricardo Mier, Hector Reynoso, Nestor Araujo, Francisco Chavez, Paul Aguilar, Diego Reyes, Javier Aquino (Oribe Peralta 73’), Jorge Enriquez, Rafael Lugo (Edgar Pacheco 89’), Giovani dos Santos. Coach: Luis Fernando Tena

Yellow cards: Bravo 75’ – Aquino 22’, Reyes 25’, Aguilar 68’, Pacheco 91’

Referee: Juan Soto (Venezuela)

Man of The Match: Alexis Sanchez

[youtube KlCryD97d1o]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda