Scroll to Top

Aldi Ilham, Bocah 8 Tahun Ini Menghabiskan 20 Batang Rokok Sehari

By Ibnu Azis / Published on Friday, 23 Mar 2012

Aldi Ilham_1

Merokok sangat tidak baik untuk kesehatan. Dalam bungkus rokok pun tertera keterangan dampak dan akibat serta bahaya menghisap rokok. Namun nampaknya himbauan tersebut tidak diindahkan.

Merokok identik dengan orang dewasa. Seperti anak sekolah, mahasiswa, pekerja, bahkan orang di usia lanjut. Bilamana anak-anak menghisap rokok?

Ardi Rizal, bocah berumur dua tahun asal Palembang, pernah menggemparkan dunia. Bagaimana tidak, ia dalam sehari mampu menghabiskan 40 batang rokok.

Ini berarti, Ardi Rizal mampu melahap dua bungkus rokok dalam sehari. Entah apa pekerjaan orangtuanya hingga mampu menyuapi anaknya dengan tembakau.

Aldi Ilham_2

Foto: Aldi Ilham menghabiskan 20 batang rokok dalam sehari.

Kali ini giliran bocah dari Sukabumi. Ia masih berusia empat tahun. Aldi Ilham mampu melahap habis 20 batang rokok dalam sehari.

Indonesia sendiri memiliki rekor tersendiri terhadap rokok. Salah satu badan kesehatan dunia mengatakan, jika ada satu juta anak Indonesia telah merokok.

Mereka rata-rata berusia dibawah 16 tahun. Dan sepertiga dari mereka telah mencoba merokok sebelum usia 10 tahun.

Ardi Rizal

Foto: Ardi Rizal melahab 40 batang rokok dalam sehari.

Negeri dengan penduduk terpadat nomor empat di dunia ini seakan tak bisa lepas dari cengkeraman sandera tembakau.

Memang rokok memberikan sumbangsih besar pada pajak negara. Tahukah Anda, disetiap batang rokok, bea cukai memungut pajak sekitar Rp 300 per batang.

Jika satu bungkus rokok berisi 20 batang, maka bea cukai mampu meraup Rp 6.000. Tinggal mengalikan sendiri berapa sumbangsih Aldi Ilham dan Andi Rizal di setiap batang rokok yang mereka hisap.

Apakah ini salah pemerintah – yang enggan tegas dengan perusahaan rokok – atau salah dua bocah ini? Sila tulis pendapat Anda di kotak komentar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda