Scroll to Top

Klub Bulgaria Ini Tidak Mau Menggaji Pemain Sebelum Menang Pertandingan

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Hingga musim ini, kita masih mudah menemukan klub di Liga Indonesia yang telat menggaji pemain beberapa bulan. Kendalanya lebih karena faktor ekonomi.

Kailakra Kavarna

Namun, di Liga Bulgaria, atau yang lebih terkenal dengan nama A PFG (Bulgarian A Professional Football Group) ada sebuah klub yang cukup unik. Bukan karena faktor kemiskinan yang menyebabkan mereka enggan membayar gaji pemain; melainkan karena masalah prestasi.

Klub ini bernama PFC Kaliakra Kavarna. Klub yang sudah berdiri sejak 1922 ini memang tengah terpuruk. Dari 19 kali bermain, mereka cuma meraih 1 kemenangan dan 4 hasil seri.

Otomatis, dengan nilai 7, Kaliakra Kavarna cuma duduk di peringkat 15, dua dari bawah; dan sangat berpotensi untuk degradasi ke divisi dua. Jarak mereka dengan peringkat 14, Vidima-Rakovski Sevlievo, 6 angka.

Keputusan tidak membayar gaji pemain ini dipilih presiden klub, Venstislav Vasilev. Ia berkata, kekalahan demi kekalahan yang diderita timnya tidak boleh terjadi lagi.

Penghentian gaji pemain diyakininya akan membuat pasukan Kaliakra Kavarna lebih serius bermain; setidaknya para pemain tidak hanya bertanding untuk menang, tetapi juga untuk meraih gaji.

Prestasi buruk Kaliakra musim ini sebenarnya bukan hal baru. Musim lalu, mereka berkutat di peringkat 12, cuma 5 angka dari posisi play-off promosi-degradasi.

Padahal, musim ini, mereka sudah mendatangkan George Weah Junior, anak pemain legendaris Liberia, George Weah. Namun, hasil apik belum juga didapatkan oleh klub yang stadionnya berkapasitas 5000 orang ini.

Tentunya kita tidak berharap penghentian gaji ala presiden Kaliakra Kavarna ini ditiru oleh klub-klub di Liga Indonesia. Kalau di Eropa, alasan ini digunakan sebagai upaya memotivasi pemain, di Indonesia alasan yang sama bukan tidak mungkin akan digunakan oleh klub yang menghindari tanggung jawab terhadap pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda