Scroll to Top

Ternyata Buah Lokal Lebih Banyak Gizinya

By C Novita / Published on Saturday, 24 Mar 2012

buah lokal lebih bergizi

4 sehat 5 sempurna memasukan buah sebagai salah satu komponen yang penting dikonsumsi setiap hari. Namun sebuah data miris yang dikeluarkan oleh BPS (Biro Pusat Statistik) mengungkap bahwa hanya 4 dari setiap 10 orang di Indonesia yang mengkonsumsi buah perhari.

Harga buah yang cukup tinggi diperkirakan menjadi biang kerok rendahnya kesadaran mengkonsumsi buah di masyarakat.

Benarkah demikian? Jawabannya bisa benar, jika yang dipilih adalah jenis buah jenis impor yang mahal seperti anggur, kiwi, pear dll.

Sedangkan buah lokal, harganya masih bisa dijangkau oleh kalangan masyarakat luas. Nilai gizi yang dikandung oleh berbagai jenis buah lokal pun ternyata tidak kalah dengan nilai gizi buah impor.

Gizi buah sebenarnya terpengaruh dari struktur tanah, dan perlakuan pasca panennya. Kandungan paling baik dalam nilai gizi buah, terdapat beberapa saat sebelum matang.

Sedangkan kebanyakan buah impor dipanen saat belum matang, sebab proses pengepakan dan pengiriman ke negara lain akan memakan waktu lama.

Akibatnya, kandungan gizi buah impor tidak maksimal. Beda dengan buah lokal yang biasanya tidak butuh waktu lama dalam masalah pengiriman dan pengepakan.

Rambutan, duku, mangga, pisang, dan berbagai buah lokal lainnya akan segera didistribusikan dari kebun petani ke pasaran, hanya beberapa hari sebelum matang.

Ini membuat nilai gizinya lebih maksimal. Lagipula, buah lokal kebanyakan tidak diberi pengawet seperti lapisan lilin, hingga lebih sehat dikonsumsi.

Harganya tentu juga tidak semahal buah impor, sebab ongkos pengirimannya tidak sebanyak impor.

Jadi, kenapa masih ragu mengkonsumsi buah lokal?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda