Scroll to Top

Barcelona Menuju Sembilan Kemenangan Beruntun

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Reyno de Navarra yang dingin pernah menghukum Barcelona 12 Februari 2012 lalu. Dalam laga yang bagaikan berada di dunia impian: melawan rumput yang sebagian dikuasai embun beku, El Barca dihajar Osasuna 3-2. Kekalahan kedua musim ini, sekaligus bukti bahwa kebiasaan buruk pasukan Pep Guardiola yang menghamburkan ball possesions bisa berakibat fatal.

Barcelona 3

Namun, kekalahan ini sekaligus menjadi titik kunci perubahan di Barcelona. Lepas dari Pamplona, El Barca kembali digdaya. Dalam delapan laga beruntun pasca tragedi Osasuna, pasukan Pep Guardiola meraih 8 kemenangan.

29 gol tercipta dari jumlah laga tersebut; membuat rerata mencetak gol Barcelona mencapai 3,125 gol per pertandingan. Khusus Lionel Messi, ia selalu menjadi juru selamat El Barca dalam 7 dari 8 pertandingan tersebut. Ya, sejak kekalahan dari Osasuna, Messi belum pernah absen mencetak gol. Ia bahkan mengoleksi 17 gol dari 7 laga —-Messi absen saat El Barca menghadapi Sporting Gijon—.

Artinya, 31,48% gol Lionel Messi sepanjang musim ini, tercipta dalam 7 pertandingan tadi. Sebuah rekor yang  hanya akan ada dalam mimpi indah semua penyerang papan atas dunia.

Bayer Leverkusen, Valencia, Atletico Madrid, Sporting Gijon, Racing Santander, Sevilla, dan Granada sudah menyaksikan kebangkitan Barcelona. Ball possession yang selalu prima senantiasa diimbangi dengan lesatan tembakan yang tak pernah berhenti; sesuatu yang tak bisa digapai pada periode Januari hingga pertengahan Februari lalu.

Perhatikan tabel di bawah ini. Dalam tabel tersebut, satu-satunya hasil ketika Barcelona memiliki ball possessions kurang dari 60% adalah saat melawan Sevilla (59 %). Sementara, satu-satunya laga ketika tembakan mereka tak mencapai 10 adalah saat dijamu Atletico Madrid (7 tembakan, 3 di antaranya on target). Selebihnya, ball possessions lebih dari 70% adalah hal biasa bagi El Barca. Demikian pula, jumlah tembakan di atas 10 merupakan standard mereka dalam setiap pertandingan.

No Lawan Skor BP S(SOG)
1 Bayer Leverkusen (A) 3-1 75% 11(5)
2 Valencia (H) 5-1 64% 32(15)
3 Atletico Madrid (A) 2-1 72% 7(3)
4 Sporting Gijon (H) 3-1 80% 15(4)
5 Bayer Leverkusen (H) 7-1 77% 18(10)
6 Racing Santander (A) 2-0 74% 23(8)
7 Sevilla (A) 2-0 59% 17(9)
8 Granada 5-3 (H) 5-3 74% 18(8)

Menyaksikan kontinuitas Barcelona ini, bukan tidak mungkin, Real Mallorca menjadi korban berikutnya. Mallorca memang akan dihadapi Barcelona di laga tandang; sesuatu yang cukup menakutkan Lionel Messi dkk. musim ini. Namun, melihat trend positif El Barca, 9 kemenangan beruntun siap diamankan di Iberostar Estadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda