Scroll to Top

Facebook Beli Paten IBM

By Ditya / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Mark ZuckerbergSitus jejaring sosial Facebook, dilaporkan telah membeli beberapa hak paten milik “the big blue” IBM.

Facebook tidak memberikan keterangan yang jelas mengenai detail paten yang dibeli, namun sumber dari Bloomberg menyebutkan bahwa kesepakatan yang dibuat oleh Facebook dan IBM melibatkan 750 paten perangkat lunak,jaringan dan teknologi.

Sumber lain menyebutkan, saat ini Facebook hanya memiliki 56 paten aman. Langkah ini dilakukan oleh Facebook kurang dari dua minggu setelah Yahoo melayangkan gugatan terhadap Facebook.

Perusahaan portal web Yahoo mengklaim bahwa perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg dan seluruh jejaring sosial telah melanggar paten yang melibatkan inovasi peran, kontrol privasi, iklan dan jaringan soslal.

Sumber lain menyebutkan bahwa paten yang terlibat dalam kesepakatan baru tersebut mungkin telah IBM berikan pada Yahoo.

Pada bulan Februari, Facebook berencana menawarkan $5 milyar, sebuah penjualan terbesar yang pernah dilakukan oleh perusahaan internet.

Akhir bulan yang sama, Yahoo melayangkan gugatan paten dan ini ditindak lanjuti pada tanggal 12 Maret.

Analis memperkirakan bahwa ini adalah taktik untuk menyelesaikan masalah paten seperti yang pernah dilakukan pada tahun 2004 ketika Google menyelesaikan masalah paten dengan memberikan saham Yahoo dan mengeluarkannya dari flotasi.

“Jika Facebook telah membeli paten IBM yang telah dilisensikan ke Yahoo, mungkin adalah suatu upaya untuk mendukung mereka,” kata llya Kazi dari Chartered Institute, pengacara paten dari Inggris.

Seperti yang dikutip dari BBC, baik Yahoo, Facebook dan IBM menolak berkomentar mengenai masalah kesepakatan paten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda