Scroll to Top

Tips Belanja Irit Saat BBM Naik, Jangan Belanja Saat Lapar

By C Novita / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Tips belanja irit

Kenaikan BBM yang rencananya akan terjadi awal bulan depan, sudah pasti akan membuat anggaran belanja keluarga akan terpengaruh.

Untuk menyiasati agar keuangan keluarga tidak sampai minus, tentunya diperlukan beberapa trik belanja hemat, agar kebutuhan dapur tetap dapat terbeli, dan Anda dapat menabung untuk keperluan masa depan.

Berikut tips belanja, agar uang yang Anda keluarkan benar-benar bermanfaat dan tepat sasaran seperti dirilis Sheknows.

  • Jangan belanja saat perut Anda sedang lapar.

Usahakan untuk memenuhi dahulu perut Anda di rumah hingga kenyang, sebelum pergi berbelanja. Pergi belanja dengan perut lapar akan menambah pengeluaran Anda di luar untuk membeli makanan. Selain itu, dengan perut lapar, maka akan banyak bahan makanan yang tidak perlu akan Anda beli untuk memenuhi ‘lapar mata’ Anda. Dan pastinya, pengeluaran Anda akan bertambah banyak karenanya.

  • Buat daftar belanjaan

Di rumah, sebaiknya buat dahulu daftar belanja yang benar-benar dibutuhkan. Ini mencegah Anda lupa, dan lantas membeli berbagai barang yang tak begitu dibutuhkan. Daftar belanjaan juga dapat menghemat waktu, sebab apa yang Anda butuhkan sudah ada dalam catatan, tak perlu buang waktu mengingat-ingat lagi.

  • Pasar Tradisional

Belanja di pasar tradisional sebenarnya dapat membuat Anda punya banyak pilihan harga yang lebih murah. Ini jika Anda pandai menawar. Buah dan sayur serta lauk pauk yang tersedia juga lebih segar dan murah, dibanding dengan supermarket.

Nah, selamat berhemat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda