Scroll to Top

Real Madrid Kehilangan Tujuh Awak Saat Menjamu Real Sociedad

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Real Madrid bisa menarik napas lega setelah kartu kuning pertama bagi Sergio Ramos dalam laga menghadapi Villarreal, dihapuskan. Dengan penghapusan ini, artinya Ramos bisa memperkuat Los Blancos saat mereka menjamu Real Sociedad esok hari. Namun, napas lega tersebut dijamin hanya akan terasa setengahnya saja. Karena, ada tujuh awak Los Merengues yang tak bisa memperkuat klubnya untuk terus mempertahankan jarak dari Barcelona.

Jose Mourinho

Pertama, Pepe. Pria yang bernasib malang dalam duel menghadapi Villarreal ini, dihukum tak boleh berlaga dalam dua pertandingan liga. Ya, Pepe terbukti bersalah mengeluarkan kata-kata kotor kepada wasit Paradas Romero di lorong setelah pertandingan selesai.

Kedua, Mesut Ozil. Penyihir asal Jerman diberi kartu merah oleh Paradas Romero karena bertepuk tangan melecehkan keputusannya. Tanpa Ozil, artinya Real Madrid bisa bermasalah di lini tengah. Jose Mourinho mungkin saja akan beralih kepada Kaka; playmaker yang kehadirannya tidak diharapkan lagi oleh sebagian kecil Madridistas.

Ketiga, Lassana Diarra. Gelandang Perancis ini dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning. Lass yang juga bisa dimainkan sebagai bek kanan, sudah mengantongi 5 peringatan wasit.

Keempat, yang paling fatal, Jose Mourinho. Sang pelatih bernasib sama seperti Ozil. Tak bisa menemani anak asuhnya dalam satu pertandingan. Hukuman bagi Mou ini menambah deretan panjang hukuman yang sudah diterimanya sejak bergabung dengan Real Madrid. Belum dua tahun bergabung dengan Los Blancos, sudah ada hukuman tak boleh menemani klub sebanyak 12 laga yang diterima Mou.

Keempat awak Real Madrid ini bergabung dengan tiga pemain yang tengah berkutat dengan cedera. Angel di Maria, sang pemain sayap sekaligus raja assist di Los Blancos, belum pulih. Demikian pula dengan Ricardo Carvalho.

Keadaan semakin buruk bagi Real Madrid karena sang supersub, Jose Maria Callejon juga absen setelah cuma bermain belasan menit dalam laga menghadapi Villarreal pertengahan pekan kemarin.

1 pelatih, 2 bek, 1 gelandang bertahan, 1 playmaker, dan 2 penyerang sayap. Enam awak ini mau tidak mau harus diakui sebagai pihak yang bertanggung jawab atas keberhasilan Real Madrid yang sempat terpaut 10 poin dari Barcelona.

Yang lebih fatal adalah tidak adanya Ozil dan Di Maria dalam laga melawan Real Sociedad. Sejauh ini, keduanya menjadi yang terdepan dalam urusan assist, Ozil 19 dan Di Maria 13. Ketika Di Maria cedera, Ozil menjadi pengumpan para penyerang Real Madrid. Namun kini, dengan tidak adanya dua pemain ini, Mourinho harus memutar otak.

Lini pertahanan tidak terlalu bermasalah. Pepe yang terkena hukuman, bisa digantikan oleh Raphael Varane. Pemuda berusia 19 tahun ini sudah 10 kali tampil sebagai starter. Carvalho yang sudah menua pun sudah cukup sering absen dan banyak pilihan di posisi bek Los Blancos.

Satu yang paling penting, formasi apa yang diturunkan Real Madrid pada laga kali ini. Apakah Mou akan memakai tiga gelandang bertahan Khedira-Xabi Alonso-Nuri Sahin? Mungkinkah pula Mou akan memainkan tiga penyerang langsung: Cristiano Ronaldo-Karim Benzema-Gonzalo Higuain dalam laga ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda