Scroll to Top

Garuda, Nama Ratu Lebah yang Ditemukan di Sulawesi

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Garuda, Nama Ratu Lebah yang Ditemukan di Sulawesi_2

Ia menyengat dan menimbulkan luka bengkak pada korban. Lebah identik sengatan dan madu. Namun untuk lebah yang satu ini, identik dengan ukuran.

Sebuah lebah ditemukan di Pulau Sulawesi. Ia memiliki rahang yang besar. Ukurannya dua inch dan memiliki panjang setengahnya.

Lyn Kimsey, seorang profesor dari University of California mengatakan, jika rahang lebih ini terlalu besar. Dan bahkan ketika mulut lebah ini terbuka, rahangnya lebih panjang dari kakinya.

Garuda, Nama Ratu Lebah yang Ditemukan di Sulawesi_1

Lyn Kimsel menemukan lebah ini di pegunungan Mekongga di Sulawesi Tenggara. Ia mengatakan jika ukurannya sangat besar dan menurutnya lebah ini seperti ‘Naga Komodo’.

“Aku akan menamainya sebagai Garuda. Kau tahu, ini sesuai dengan simbol nasinalisme negara ini, Indonesia,” tegas Lyn Kimsel.

Garuda memang identik dengan Indonesia. Sebuah burung besar, mitos kekuatan, dan memiliki sayap besar nan lebar serta mampu terbang tinggi di angkasa.

“Saya tidak pernah melihat spesies seperti ini. Ini sangat tak biasa. Kami tidak memiliki pengetahuan apapun tentang biologi lebah. Dan mereka hanya dikenal di barat daya Sulawesi,” imbuh Lyn Kimsel.

Masih menurutnya, rahang yang besar mungkin memainkan peran dalam pertahanan dan reproduksi lebah tersebut. Dan ini berfungsi pula untuk melindungi sarangnya.

“Ia melindungi rumahnya dari para parasit dan perampok. Dan rahang ini berguna untuk ‘membungkus’ lebah wanita dan memeluknya saat kawin. Sebuah tanggung jawab seorang ayah,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda