Scroll to Top

Facebook Melarang Perusahaan Meminta Password Login Calon Pegawai

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Facebook Melarang Perusahaan Meminta Password Login Calon Pegawai_1

Bermain Facebook sungguh sangat menyenangkan. Menyita waktu. Bahkan terkadang dapat mengganggu perkerjaan. Inilah yang  dikeluhkan perusahaan.

Terkadang mereka bahkan bersifat paranoid. Menuntut karyawan untuk meninggalkan Facebook dengan cara apapun. Termasuk meminta password. Apakah tujuannya memata-matai?

Geliat perusahaan dalam kebijakan terhadap karyawannya ini akhirnya terdengar ke Facebook. Secara tegas, jejaring sosial semiliar umat ini melarangnya.

“Jika Anda adalah pengguna Facebook, seharusnya Anda tak berbagi password dengan siapapun. Itu etika berinternet yang baik dan benar,” tegas Erin Egan, kepala privasi Facebook.

Facebook dengan tegas memeringatkan perusahaan yang melakukan praktek ini. Dan cara tersebut bukanlah cara membuka diri terhadap calon karyawan.

“Kami bekerja keras di Facebook dan memberikan perangkat keamanan untuk megkontrol informasi serta privasi Anda,” imbuh Erin Egan.

Masih menurutnya, Facebook hingga membuat pernyataan jika hak dan tanggung jawab berbagi password atau meminta kata sandi untuk dibagikan adalah sebuah pelanggaran.

Sebuah lowongan di Departemen Permasyarakatan di Maryland, Amerika Serikat, dalam sesi wawancara meminta calon pekerja untuk menyerahkan datanya. Termasuk login Facebook.

Facebook menanggapinya dengan keras. Jika sebuah perusahaan harus menghormati privasi calon karyawannya dalam membuka diri. Dan ini termasuk kasus diskriminasi dalam memerkerjakan orang.

“Ini adalah sebuah invasi. Mereka telah melampaui batas-batas kewajaran. Aku warga negara yang baik dan tak pernah melanggar hukum,” tegas Robert Collin, yang kini bekerja di Departemen Permasyarakatan Maryland, Amerika Serikat, yang harus menyerahkan data login pribadinya tatkala melamar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda