Scroll to Top

Kualifikasi F1 GP Malaysia : Mclaren Kembali Berjaya

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 24 Mar 2012

Top Three Drivers for GP Malaysia Qualifying 2012

Duo Mclaren kembali menunjukan taringnya pada sesi kualifikasi seri kedua Formula Satu musim 2012  yang diselenggarakan di Sirkuit Sepang Malaysia.

Lewis Hamilton untuk kali kedua berturut-turut berhasil menduduki posisi pole mengungguli rekan satu timnya, Jenson Button, di posisi kedua. Hamilton mencatatkan waktu satu menit 36.219 detik unggul 0.149 detik dari Button.

Meski tampak mudah bagi Hamilton membawa Mclaren memimpin jalannya sesi kualifikasi, perjuangan lebih harus diperlihatkan oleh Button untuk mengamankan posisi kedua. Pasalnya Michael Schumacher sempat menggeser Button ke posisi tiga beberapa menit jelang usai sesi Q3.

Namun beruntung Button mampu kembali berada dibelakang rekan satu timnya, meninggalkan Schumacher di posisi ketiga dengan selisih jarak sangat tipis yakni hanya 0.023 detik. Hasil berada di tempat ketiga pada sesi kualifikasi adalah yang terbaik bagi Schumacher sejak kembali dari masa pensiun.

Hasil yang kurang memuaskan kembali didapatkan oleh tim juara bertahan Red Bull Renault. Pembalap mereka, Mark Webber, tidak terlihat seperti cukup kompetitif untuk bisa merebut posisi pole pada seri ini. Begitu pula dengan juara dunia Sebastian Vettel yang tercecer ke posisi enam setelah memutuskan untuk menggunakan senyawa ban yang lebih keras.

Posisi duo Red Bull dipisahkan oleh Kimi Raikkonen dari Lotus Renault yang berada di posisi kelima. Posisi yang cukup menguntungkan bagi Raikkonen. Namun sayangnya Raikkonen harus terkena pinalti turun 5 posisi akibat mengganti gearbox-nya.

Pembalap Finlandia itu akan memulai balapan dari posisi 10 pada balap esok hari. Sementara Romain Grosjean rekan satu timnya akan naik dari posisi tujuh ke posisi enam, dan Vettel naik ke posisi lima.

Nico Rosberg, Fernando Alonso, dan Sergio Perez, secara berurutan menutup posisi sepuluh besar. Ferrari kembali gagal membawa Felipe Massa ke fase Q3 setelah pembalap Brazil tersebut tidak mampu meningkatkan catatan waktunya dan tertahan di posisi 12.

Hasil Kualifikasi F1 GP Malaysia :

  1.  Lewis Hamilton McLaren-Mercedes
  2.  Jenson Button McLaren-Mercedes
  3.  Michael Schumacher Mercedes
  4.  Mark Webber Red Bull-Renault
  5.  Kimi Raikkonen Lotus-Renault
  6.  Sebastian Vettel Red Bull-Renault
  7.  Romain Grosjean Lotus-Renault
  8.  Nico Rosberg Mercedes
  9.  Fernando Alonso Ferrari
  10.  Sergio Perez Sauber-Ferrari
  11.  Pastor Maldonado Williams-Renault
  12.  Felipe Massa Ferrari
  13.  Bruno Senna Williams-Renault
  14.  Paul di Resta Force India-Mercedes
  15.  Daniel Ricciardo Toro Rosso-Ferrari
  16.  Nico Hulkenberg Force India-Mercedes
  17.  Kamui Kobayashi Sauber-Ferrari
  18.  Jean-Eric Vergne Toro Rosso-Ferrari
  19.  Heikki Kovalainen Caterham-Renault
  20.  Vitaly Petrov Caterham-Renault
  21.  Timo Glock Marussia-Cosworth
  22.  Charles Pic Marussia-Cosworth
  23. Pedro de la Rosa HRT-Cosworth
  24. Narain Karthikeyan HRT-Cosworth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda