Scroll to Top

Gol Tendangan Bebas Tipuan Ala Pemain Espanyol Philippe Coutinho

By Fitra Firdaus / Published on Monday, 26 Mar 2012

Liga Spanyol musim ini sebenarnya kekurangan gol dari tendangan bebas. Kurang dari 30 gol tercipta dari tendangan bola mati ini; jauh menurun dibandingkan lima tahun sebelumnya yang menembus angka 50 gol.

Philippe Coutinho

Namun, dari “sedikit” tendangan bebas tersebut, beberapa di antaranya benar-benar berkelas. Tengoklah tendangan bebas lob ala Lionel Messi saat melawan Atletico Madrid.

Mungkin pula Anda berkenan menyaksikan gol Santi Cazorla dan Marcos Senna ke gawang Real Madrid. Dua dari tiga gol terakhir ke gawang Iker Casillas memang lahir dari tendangan bebas.

Kali ini, tendangan bebas yang sedikit “nakal” diperagakan oleh Philippe Coutinho, pemain Internazionale yang dipinjamkan ke klub Espanyol di La Liga. Coutinho, calon penerus gelandang-gelandang berbakat Brazil, kemarin sukses membuktikan bahwa pada satu sisi, pagar betis sama sekali tidak berguna.

Espanyol menghadapi Malaga. Duel penting merebut tiket terakhir ke Liga Champions. Bermain di kandang sendiri, Cornella El-Prat, Espanyol harus menang. Kesempatan datang di menit 24. Sebuah tendangan bebas di jarak yang hanya beberapa langkah dari kotak penalti. Dengan jarak pagar betis yang begitu rapat, cukup sulit mencetak gol.

Alih-alih melambungkan bola, Coutinho menembakkan bola dengan datar ke sudut kiri gawang Malaga yang dijaga Willy Caballero. Para pemain Malaga yang terlanjur mengira bola ditembakkan ke atas, melompat dan hanya ternganga ketika dinding hidup mereka tak berfungsi menghadapi seorang bocah berusia 20 tahun.

Sayang, dalam pertandingan ini, meski unggul 1-0 terlebih dahulu, Espanyol tetap saja kalah 1-2 dari Malaga.

Setidaknya, pemain kelahiran 1992, bisa berbangga dengan gol cantiknya. Setidaknya, ia bisa meniru jejak seniornya, Ronaldinho, yang pernah mencetak gol serupa ketika bersama Barcelona.

Hal ini terjadi ketika El Barca berhadapan dengan Werder Bremen pada Desember 2006. Bedanya, kala itu tendangan bebas Ronaldinho membawa keberuntungan bagi klubnya. El Barca menang 2-0 dalam laga tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda