Scroll to Top

Surakarta dan Jakarta Wakili Indonesia di New 7 Wonder Cities

By Ilham Choirul / Published on Monday, 26 Mar 2012
surakarta
Patung Slamet Riyadi, salah satu ikon Kota Surakarta

Setelah Pulau Komodo terpilih sebagai bagian dari Tujuh Keajaiban Dunia versi New 7 Wonder (N7W), kini yayasan yang berkedudukan di Swiss ini kembali menggelar hajatan serupa. Kali ini yang  diusung adalah kota-kota dunia dengan nama acara New 7 Wonder Cities. Nantinya akan ditentukan tujuh kota di berbagai belahan dunia yang dianggap “berbeda” dari kota lainnya.

Ribuan peserta nominasi sudah diterlihat daftarnya di website N7W. Dan, Anda boleh ikut melakukan voting di sana. Terdapat sekitar 1200 kota dari 220 negara yang turut serta dalam fase nominasi sudah diadakan dari 7 Januari 2012 hingga 7 Maret 2012. Saat ini sudah memasuki fase kualifikasi yang diikuti 300 kota lebih. Voting bisa dilakukan hingga 23 November 2012.

Tahukah Anda? Indonesia mengikutsertakan dua wakilnya dalam ajang ini. Surakarta (Solo) dan Jakarta adalah kota yang lolos ke fase kualifikasi saat ini. Hanya saja pesaing dua kota ini terbilang berat. Untuk wilayah Asia Tenggara dan Oceania, mereka harus berhadapan dengan – di antaranya – Singapura, Sydney, Bangkok, dan sebagainya. Itu masih ditambah berbagai kota dari negara lain.

Kalau Anda ingin vote, silakan menuju website N7W. Pilihlah tujuh kota yang menurut Anda favorit. Lalu, masukkan kode captcha dan isikan email Anda. Centang kotak persetujuan term and conditions, lalu submit. Voting berlangsung begitu cepat.

Akhir fase kualifikasi, kota yang lolos masuk fase shortlist dan akan melalui voting dari 23 November 2012 hingga 6 Desember 2012. Ada 77 kota yang bakal disaring menjadi 28 kota untuk masuk fase final. Fase final, 28 kota diseleksi lagi dengan voting selama satu tahun hingga terpilih tujuh pemenang. Kota yang dianggap “ajaib” diumumkan pada 7 Desember 2013.

Perjalanan masih panjang. Namun, proses menuju juara di gelaran ini berlangsung dari sekarang. Bagi Anda yang ingin mendukung Surakarta dan Jakarta jadi juara, lakukan saja dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda