Scroll to Top

Sony Siapkan Laptop Chrome OS

By Ditya / Published on Monday, 26 Mar 2012

Sony Vaio Chromebook

Sony yang terkenal dengan jajaran produk laptop VAIO nya disinyalir sedang menyiapkan laptop dengan sistem operasi Chrome.

Chrome OS sendiri adalah sistem operasi besutan Google yang berbasis komputasi awan (Cloud Computing) yang didominasi oleh browser web Google dengan keamanan yang ketat karena berbasis OS Linux.

Laporan ini bersumber dari dokumen yang diserahkan kepada FCC bahwa Sony sedang menyiapkan laptop VAIO dengan Google Chrome OS dengan perkiraan spesifikasi layar 11,6 inci, WiFi, Bluetooth, USB port, HDMI output dan slot kartu SD.

Berdasarkan dokumen tersebut, VAIO Chromebook tersebut ditenagai CPU dengan kode T25. T25 ini bisa merujuk pada Nvidia Tegra 2 250 yang memiliki spesifikasi dual-core dengan kecepatan 1,2GHz ARM Cortex A9.

Chromebook sebelumnya semuanya menggunakan Intel Atom sebagai CPU-nya. Samsung dan Acer juga telah meluncurkan Chromebook-nya tahun lalu setelah Google sukses melakukan uji coba prototipe Chromebook.

Samsung Chromebook seri 5 memiliki hasil penjualan yang lumayan, ia berada di urutan ke 27 dari laptop terlaris di Amazon.

Chrome OS sendiri masih memiliki banyak kekurangan, selain ketergantungan terhadap internet, Chrome OS ini dinilai sangat buruk untuk browsing internet secara intensif, hal ini membuat Google melakukan perombakan terhadap Chrome OS.

Google kini membuat Chrome OS tampil dengan layar penuh dan mendukung sistem dengan window. Chrome OS terbaru ini memiliki window manager bernama Aura agar penggguna terbiasa dengan sistem operasi yang lebih konvensional.

Window manager Aura saat ini massih dalam pengembangan, sehingga belum jelas kapan akan digunakan pada perangkat Chromebook.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa Sony VAIO Chromebook akan diluncurkan di acara Roadmap I/O Conference pada Juni mendatang.

Sampai saat ini belum ada tanggapan resmi Sony mengenai laporan VAIO Chromebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda