Scroll to Top

Microsoft : Chrome Kalahkan Internet Explorer? Itu Menyesatkan!

By Ditya / Published on Monday, 26 Mar 2012

Perang Browser

Persaingan pasar browser memang cukup sengit, berita sebelumnya mengatakan bahwa browser besutan Google, Chrome telah mengalahkan pangsa pasar sang “raja” browser, Internet Explorer.

Data statistik mengenai pangsa pasar browser menimbulkan pandangan positif dan negatif dari berbagai pihak, terutama tentang validitas data dan reaksi sang pembuat browser.

Banyak yang mengomentari negatif maupun positif dari statistik pengguna browser yang diterbitkan oleh StatCounter, begitu juga dengan Microsoft, sang pembuat browser Internet Explorer.

Microsoft mengatakan bahwa data yang dihasilkan StatCounter itu tidak benar dan menyesatkan. Microsoft berdalih bahwa perhitungan pangsa pasar oleh StatCounter hanya berdasar dari sisi pengguna tanpa mempertimbangkan geoweighting.

Kabarnya, StatCounter melakukan peritungan dengan mempertimbangkan fitur Google prerendering yang disinyalir mengakibatkan data lebih berat mengarah ke Google Chrome.

Pada bulan Februari, pangsa pasar prerendering dihitung 4,3 persen. Microsoft percaya bahwa data yang tersedia dan data browser harus ditimbang dengan jumlah populasi internet.

Data yang berbeda disajikan oleh NetApplications mengenai pangsa pasar browser, namun NetApplications memiliki masalah dalam detail pengumpulan data yang tidak transparan. NetApplications sendiri enggan berkomentar mengenai ini.

Seperti yang dikutip dari Tomshardware, Sama halnya dengan NetApplications, StatCounter juga memiliki masalah juga yang menimbulkan berbagai tanggapan positif maupun kritikan.

Sementara Mozilla dan Google lebih memilih diam dalam menanggapi berita mengenai masalah pangsa pasar browser.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda