Nasi Jagung, Makanan Khas Madura Yang Murah Meriah

Nasi jagung

Sudah sejak jaman dahulu, Nasi Jagung terkenal menjadi makanan khas daerah Madura, dan juga Jawa Timur pada umumya.

Hal ini bahkan tercermin dari sebuah lagu yang kini sedang booming sebab sering disenandungkan oleh Sule dan kawan-kawannya dalam acara OVJ di salah satu stasiun televisi swasta, berjudul Iwak Peyek.

Sego Jagung atau Nasi Jagung, memang kerap dikonsumsi dengan berbagai macam lauk, salah satunya adalah peyek, sejenis kerupuk yang terbuat dari tepung beras.

Cara membuat Nasi Jagung sendiri tidak terlalu rumit. Hampir sama dengan memasak nasi pada umumnya, hanya saja, komposisi beras yang digunakan sedikit, sisanya menggunakan jagung yang sudah ditumbuk. Ini dahulu terjadi karena masyarakat terkendala membeli beras, sebab harga beras yang cukup tinggi.

Jagung yang digunakan membuat Nasi Jagung adalah jagung yang sudah dikeringkan, dipipil, dan lantas ditumbuk kasar.

Nasi Jagung biasanya dikonsumsi dengan sayur Urap-urap, ikan asin goreng tepung, sambal terasi, kering tempe, serta tak ketinggalan, peyek teri.

Saat ini, banyak variasi lauk pauk yang melengkapi nasi jagung, hingga membuat gengsi makanan murah meriah ini makin terangkat.

Ada yang melengkapi dengan empal daging, ayam goreng, dan berbagai macam sayuran.

Dengan adanya program “Sehari tanpa nasi” yang sedang digalakkan oleh pemerintah saat ini, maka Nasi Jagung bisa jadi alternatif makanan pokok yang murah meriah. Selain juga sehat tentunya.

Komentar Anda

Leave A Response